Silaturahmi Kiai Kampung Se-Kecamatan Cugenang: Refleksi Pasca Gempa Cugenang

Jumat 16-08-2024,21:19 WIB
Reporter : Herry Febriyanto
Editor : Herry Febriyanto

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID -Setahun berlalu sejak gempa mengguncang Kecamatan Cugenang, dan peristiwa ini masih meninggalkan jejak yang mendalam di hati masyarakat Cianjur. 

Dalam semangat kebersamaan dan kesederhanaan, Forum Kiai Kampung Kabupaten Cianjur menggelar silaturahmi bersama Bupati Cianjur, Herman Suherman di Yayasan Yabunaya, Kecamatan Cugenang, Jumat 16 Agustus 2024. 

Acara ini bukan sekadar ajang berkumpul, tetapi juga momen refleksi atas perjalanan yang telah dilalui dan mensyukuri berkah yang muncul dari bencana tersebut.

Acara ini diawali dengan tawasul yang khidmat, dipimpin oleh KH. Dadang Faried, seorang ulama yang dihormati di Cianjur. Doa dan dzikir yang dipanjatkan menjadi pengantar suasana, menyatukan hati dan pikiran seluruh peserta dalam renungan bersama atas musibah yang telah dilalui dan berkah yang menyertai. 

BACA JUGA:Bangun Jembatan Gantung, BRI Bantu Mobilitas Warga dan Dorong Ekonomi Masyarakat Desa

BACA JUGA:Ketua DPR Apresiasi Permintaan Maaf Jokowi Saat Sidang Tahunan MPR

Tawasul ini menjadi pengingat bahwa segala ujian yang diberikan oleh Allah SWT membawa hikmah yang besar, dan melalui doa, masyarakat Cianjur diberi kekuatan untuk bangkit.

Setelah itu, Bupati Herman Suherman memberikan sambutannya yang penuh kehangatan dan rasa syukur. Ia mengingatkan kembali betapa berat cobaan yang dihadapi setahun lalu, saat gempa mengguncang Cugenang dan mengubah kehidupan banyak orang dalam sekejap. 

"Saat itu, kita diuji dengan cobaan yang begitu berat. Namun, dari ujian itu, kita menemukan kekuatan baru, kekuatan kebersamaan," ungkapnya dengan nada yang penuh haru.

Namun, seperti pepatah mengatakan, setiap awan gelap pasti memiliki sisi terang. Bupati Herman menekankan bahwa dari bencana ini, Cianjur justru mampu bangkit dengan cepat dan tangguh. 

BACA JUGA:Presiden Sampaikan Empat Kali Permohonan Maaf pada Sidang Tahunan MPR

BACA JUGA:Presiden dan Wapres Minta Maaf untuk Harapan yang Belum Bisa Terwujud

“Alhamdulillah, Cianjur menjadi salah satu wilayah yang paling cepat dalam penanganan dan pemulihan pasca bencana. Ini berkat kerja keras dan semangat gotong royong semua pihak, dari pemerintah hingga masyarakat,” tambahnya dengan penuh bangga.

Acara ini dihadiri oleh ratusan kiai dari berbagai pelosok desa Se-Kecamatan Cugenang. Kehadiran mereka bukan hanya sebagai saksi, tetapi juga sebagai penggerak moral dan spiritual yang telah turut andil dalam upaya pemulihan pasca bencana. 

Kategori :