Ribuan Warga Cianjur Tumpah Ruah Saksikan Helaran Budaya dan Cianjur Agriculture Carnival

Minggu 18-08-2024,16:34 WIB
Reporter : Rikzan Rezkyesa Azhari
Editor : Herry Febriyanto

"Jadi sejak bulan lalu kita sudah sampaikan pada kecamatan temanya apa, sepekan lalu juga dilakukan techical meeting. Kita tidak mau helaran ini hanya diisi dengan pawai orang saja tanpa ada makna dan potensi yang ditunjukan," jelas Budi pada Cianjur Ekspres.

Selanjutnya, pemerintah menginginkan kecamatan berkomitmen pada pengembangan potensi yang ditunjukan dalam helaran.

"Itu sebagai salah satu komitmen kita untuk mempertahankan ketahanan pangan ketika dalam kondisi kekurangan (pangan). Bahkan memberi kontribusi lebih pada daerah lain baik dalam komoditi beras ataupun tanaman hortikultura lainnya," jelasnya.

Malamnya, para forkupimda pun akan mengadakan tepung lawung atau pertemuan untuk menutup rangkaian HJC di Pendopo Cianjur.

"Dalam tepung lawung, selain menampilkan tiga pilar kebudayaan Cianjur yakni Ngaos, Mamaos, dan Maenpo, jua kita akan tampilkan kesenian. Terakhir ada pengumumam pemenang haleran budaya," kata dia.

Sementara untuk anggaran HJC tahun ini bersumber dari dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur juga dari sponsor tunggal yakni Bank bjb.

"Kalau nilainya saya tidak tahu. Tapi sumber anggarannya dari sana," kata dia.

Kategori :