Pemkab Cianjur Canangkan Titik Nol Menuju Penegerian UNSUR, Bupati Ungkap Alasannya

Pemkab Cianjur Canangkan Titik Nol Menuju Penegerian UNSUR, Bupati Ungkap Alasannya

Ketua Harian Yayasan Pendidikan Suryakancana Cianjur, DR. H. Saeful Millah (paling kiri), Bupati Cianjur Herman Suherman (tengah) dan Rektor Universitas Suryakancana Prof. Dr. H. Dwidja Priyatno, SH., MH., Sp.N.(kanan) foto bersama usai pena--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur mendorong perguruan tinggi swasta menjadi negeri, salah satunya dengan melakukan pencanangan Titik 0 (Nol) Menuju Penegerian Universitas Suryakancana (UNSUR). 

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan, langkah tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan rata-rata Harapan Lama Sekolah (HLS) di Cianjur guna mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di sektor pendidikan. Targetnya hingga 25 tahun atau program magister di perguruan tinggi. 

BACA JUGA:Disnakertrans Cianjur Belum Bisa Pastikan Kenaikan UMK 2023

Dirinya mengungkapkan, harapan lama sekolah di wilayah Cianjur saat ini telah mencapai usia 7-17 tahun atau hingga lulusan SMA. 

“Titik nol untuk perguruan tinggi negeri didasari oleh usia HLS (Harapan Lama Sekolah). Saat ini sudah sampai 7 hingga 18 tahun, kita ingin tingkatkan jadi 25 tahun atau lulus Strata 2 (S2),” kata Herman kepada wartawan di Pendopo Cianjur, Kamis (10/11). 

BACA JUGA:Cara Bikin Seblak Cocol Viral TikTok, Cemilan Simple Weekend

Guna mencapai target tersebut, Pemkab Cianjur disebut perlu untuk mendirikan perguruan tinggi negeri. Salah satu caranya, kata Herman, dengan mendorong perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri.

“Agar masyarakat Cianjur sekolahnya di Cianjur. Sekarang 40 persen anak-anak kita kuliah di luar Cianjur,” ujarnya.

BACA JUGA:Harga Cabai di Pasar Cipanas Cianjur Turun

Berkuliah di luar Cianjur, disebutnya malah mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kota lain, meskipun mahasiswanya berasal dari Cianjur.

Dirinya juga membuka lebar kesempatan bagi pihak-pihak yang ingin membuka perguruan tinggi atau universitas, khususnya di selatan Cianjur. 

BACA JUGA:Catat bund! Ini Harga Sayuran yang Naik di Cianjur

“Apalagi di Cianjur Selatan, kita butuh banyak SDM untuk rencana pemekaran. Maka kita membuka lebar untuk pihak yang ingin membuat universitas di Cianjur, silahkan,” kata dia.

Sumber: