Hadirkan Solusi Terintegrasi, Manfaat Holding Ultra Mikro Semakin Dirasakan Pelaku Usaha
--
JAKARTA, CIANJUREKSPRES - Manfaat Holding Ultra Mikro (UMi) semakin dirasakan melalui pemberdayaan dengan berbagai produk, layanan dan solusi yang terintegrasi dari layanan yang ditawarkan dari ketiga entitas perusahaan.
Hal tersebut membuat pelaku usaha ultra mikro semakin terbantu dalam memperkuat kapasitas dan produktivitas usaha dan menjadi bagian dari perputaran ekonomi kerakyatan.
Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan bahwa Holding UMi hadir untuk menawarkan berbagai solusi yang terintegrasi.
Sebab holding yang resmi berdiri sejak September 2021 merupakan gabungan dari tiga perusahaan pemberdaya ekonomi masyarakat, yakni BRI sebagai induk, PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).
“Dengan membuka layanan seluas-luasnya dari ketiga entitas dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi ekosistem ultra mikro. Hal ini tentu dirasakan oleh pelaku usaha UMKM termasuk ultra mikro di dalamnya,” ujar Catur.
Terkait manfaat dan solusi terintegrasi dari layanan Holding UMi diutarakan oleh sejumlah nasabahnya. Salah satunya manfaat akses permodalan bagi usaha di segmen ultra mikro tersebut, adalah Badriah yang sehari-hari menjual makanan seblak.
Dia mengutarakan kehadiran Holding UMi memudahkan dalam mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis kecilnya. Dia mengakui, mencari pinjaman modal usaha tidak mudah. Alasannya, masalah kepercayaan.
“Akhirnya saya ikut PNM Mekaar sehingga bisa memulai usaha. Saat usaha saya meningkat dan membutuhkan tambahan modal, saya dapat terbantu dengan Pinjaman BRI,” kata Badriah.
Ada pula Yuli yang berbisnis membuka warung makan sederhana. Yuli merasakan betul kemudahan dalam mengakses pinjaman yang diajukan dalam hal pengembangan usaha. Selain itu, dia pun merasakan pemberdayaan yang didapatkan melalui Pertemuan Kelompok Mekaar (PKM) seperti literasi digital bisnis daring.
“Terima kasih kepada PNM Mekaar yang telah memberikan saya pinjaman modal untuk membantu mengembangkan bisnis saya secara online dan telah menyarankan untuk menabung di BRI atas keuntungan bisnis yang saya peroleh,” imbuh Yuli.
Yanti, yang juga menjadi nasabah Holding UMi merasakan manfaat serupa. Selaku pemilik rumah makan khas Minang, Yanti menikmati manfaat dari berbagai produk Holding UMi dari Pegadaian dan BRI.
“Saya sudah lama menabung Tabungan Emas Pegadaian. Untuk modal usaha warung saya mendapatkan fasilitas dari Pinjaman BRI, sehingga Tabungan Emas saya masih tetap bisa saya simpan,” tuturnya.
Selain itu, manfaat dalam peningkatan literasi seperti transaksi non tunai juga dirasakan nasabah Holding UMi. Elsa, seorang nasabah Holding UMi menyebut pencairan secara non-tunai lebih lebih menghemat waktu dan aman.
“Kalau pakai transfer kita bisa tinggal tunggu di rumah dan uang tidak tercecer. Jadi saya lebih memilih untuk non-tunai,” ujarnya.
Sumber: