Desa Sukomulyo Jadi Pemenang Desa BRILiaN Kategori Pengembangan Wirausaha Terbaik

Desa Sukomulyo Jadi Pemenang Desa BRILiaN Kategori Pengembangan Wirausaha Terbaik

--

Lilik kemudian menceritakan awal mula Desa Sukomulyo ikut program Desa BRILiaN sejak Januari 2023 ketika dikunjungi langsung oleh Mantri BRI. “Kami mengirimkan portofolio wirausaha di Desa Sukomulyo dan diikutkan di program Desa BRILiaN pada Januari 2023. Kami lolos ke 40 besar dan setelah melewati masa penjurian sepanjang 2023, kami akhirnya dinobatkan menjadi pemenang pada Januari 2024 kemarin,” ungkapnya.

Atas keberhasilan menjadi Pemenang Desa Pengembangan Wirausaha Terbaik dalam Program Desa BRILliaN 2023, Desa Sukomulyo pun mendapatkan dana pengembangan sarana dan prasarana. Selain itu, BRI juga melakukan berbagai pembinaan klaster usaha, seperti pelatihan, digitalitasi dengan QRIS, dikenalkan dengan Localoka dan lainnya.

“Kami tetap ingin melayani masyarakat agar mereka merasa ada keterkaitannya dengan desa, masyarakat tak lagi merasa apa yang bisa saya terima dari desa, tapi ke depan mereka justru punya prinsip apa yang harus kita berikan kepada desa,” pungkasnya.

Program Desa BRILian merupakan satu dari banyak program pemberdayaan yang dilakukan oleh BRI terhadap UMKM. Pada sambutannya di BRI Microfinance Outlook 2024, Direktur Utama BRI mengungkapkan bahwa dalam pemberdayaan tidak semata mengenai pembiayaan, namun juga pendampingan.

“Alhamdulillah kita sudah membina lebih dari 3.800 desa dan desa-desa ini selalu kita motivasi kita lombakan, desa juara 1 kita beri Rp 1 miliar hadiah untuk memperkuat lagi perputaran ekonomi. Saya kira itu adalah salah satu bentuk strategi BRI yang selalu menerapkan strateginya inline dengan concern pembangunan ekonomi nasional yang tidak hanya sekedar tumbuh tapi juga merata,” jelas Sunarso.(*) 

Sumber: