Kendaraan Dari Jawa Menuju Jakarta Masih Padati Jalur Arteri

Kendaraan Dari Jawa Menuju Jakarta Masih Padati Jalur Arteri

Sejumlah pengendara (pemudik arus balik) saat berada di jalur arteri Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (13/4/2024). (ANTARA)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIREBON - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Jawa Barat, menyebutkan pergerakan kendaraan dari Jawa menuju Jakarta terus memadati jalur arteri dengan jumlah sekitar 1.000 unit per jam saat arus balik pada H+3 Lebaran 2024.

Petugas Posko Dishub Kota Cirebon Romi Satrio mengatakan, berdasarkan data terkini kendaraan yang melaju di jalur arteri masih didominasi sepeda motor yakni sebanyak 7.946 unit.

“Sisanya kendaraan yang mengarah ke Jakarta saat arus balik hari ini merupakan kendaraan roda empat atau mobil pribadi sekitar 1.539 kendaraan,” katanya, Sabtu 13 April 2024.

BACA JUGA:Polisi Berlakukan Satu Arah Dari Garut Menuju Bandung

Menurut dia, volume kendaraan itu akan bertambah sampai malam nanti karena masih banyak masyarakat yang hendak kembali ke wilayah Jakarta.

Romi menjelaskan meski terjadi peningkatan, situasi lalu lintas masih terpantau ramai lancar serta kendaraan di jalur arteri dapat melaju tanpa mengalami hambatan.

“Situasi arus lalu lintas saat ini masih aman dan terkendali, karena pergerakan kendaraan masih lancar,” ujarnya.   

BACA JUGA:Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Selama Mudik Lebaran 2024 Diklaim Turun 12 Persen

Untuk memastikan kelancaran arus balik Lebaran, Dishub Kota Cirebon sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat guna menerapkan rekayasa lalu lintas yang diperlukan.

Romi menyampaikan secara umum lonjakan tertinggi kendaraan selama arus balik terjadi pada H+2 Lebaran, dengan jumlah sepeda motor yang melintas sebanyak 58.731 kendaraan.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat, kata dia, jumlahnya menyentuh 11.114 yang memadati ruas arteri di Kota Cirebon.

BACA JUGA:Berkeliaran di Jalur Penyelamat, Kera Liar Jadi Hiburan Pengendara yang Terjebak Macet

“Secara keseluruhan peningkatan tertinggi terjadi Jumat (12/4) kemarin, jumlahnya 72.176 kendaraan. Sementara pada Kamis (11/4) hanya 52.174 kendaraan,” tuturnya.

Pihaknya menghimbau bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik ke Jakarta, perlu memastikan kesiapan dan kondisi kendaraan.  

Sumber: