Tim SAR Gabungan Selamatkan Dua Pemuda Kembar yang Terseret Arus Laut Pantai Citepus

Tim SAR Gabungan Selamatkan Dua Pemuda Kembar yang Terseret Arus Laut Pantai Citepus

Tim SAR gabungan saat mengevakuasi salah seorang wisatawan yang tenggelam di Pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar ke RSUD Palabuhanratu pada Sabtu (13/4/2024). (Antara) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,SUKABUMI -Tim SAR gabungan Kabupaten Sukabumi, berhasil menyelamatkan pemuda kembar asal Kabupaten Sukabumi yang terseret arus laut di Pantai Citepus, Pelabuhanratu, Sabtu 13 April 2024. 

"Pemuda kembar ini diketahui bernama Galang Ramadhan dan Gilang Ramadhan berusia 18 tahun, saat ini keduanya tengah menjalani perawatan medis di RSUD Palabuhanratu," kata Staf Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi Ariel Solehudin di Sukabumi, Sabtu 13 April 2024. 

Informasi yang dihimpun dari tim SAR gabungan, kejadian kecelakaan laut yang nyaris menghilangkan nyawa kedua pemuda kembar tersebut, berawal saat keduanya asyik berenang di Pantai Citepus tepatnya di titik Pantai Kalapacondong, Desa Citepus.

BACA JUGA:Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran, Produktivitas Jangan Sampai Terganggu

Tiba-tiba datang ombak besar yang langsung menggulung keduanya. Galang dan Gilang terus berupaya ke pantai, namun karena derasnya arus balik air laut, mereka tidak berhasil dan tertarik hingga ke tengah.

Ayah korban yang melihat kejadian itu mencoba menolong, tetapi tidak berhasil, sementara kakak korban, yakni Gista Fitriani langsung menghubungi petugas penjaga pantai dan langsung memberikan pertolongan.

Beruntung nyawa pemuda kembar ini berhasil diselamatkan meskipun kondisi kesehatannya masih belum pulih, karena terlalu banyak meminum air laut dan trauma.

BACA JUGA:Hujan Sedang hingga Lebat Berpotensi Turun, Sekda Jabar Imbau Masyarakat Waspada Saat Arus Balik Lebaran

"Kami mengimbau kepada wisatawan untuk selalu memperhatikan aturan dan imbauan dari petugas penjaga pantai demi keselamatan bersama," tambahnya.

Sementara itu, Gista mengatakan awalnya kedua adiknya tersebut bermain air di pinggir pantai, tiba-tiba datang ombak besar yang langsung menggulung tubuh keduanya dan menarik hingga ke tengah laut.

Adapun petugas yang terlibat dalam operasi penyelamatan ini berasal dari Basarnas Pos SAR Sukabumi, Polres Sukabumi, Dinas Kesehatan, PMI, Pramuka Peduli Kabupaten Sukabumi, serta relawan potensi SAR lainnya.

Sumber: antara