Erick Thohir Ingatkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Erick Thohir Ingatkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri BUMN, Erick Thohir.(kabarbumn.com)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,JAKARTA - Gejolak ekonomi dan geopolitik dunia saat ini, membuat Menteri BUMN, Erick Thohir mengingatkan BUMN untuk melakukan antisipasi. 

Erick Thohir mencontohkan, inflasi AS sebesar 3,5% membuat langkah the Fed menurunkan suku bunga acuan (Fed Fund Rate) tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

"Situasi geopolitik juga semakin bergejolak dengan memanasnya konflik Israel dan Iran beberapa hari yang lalu," ujar Erick di Jakarta, dilansir dari laman resmi BUMN, Rabu 17 April 2024 . 

BACA JUGA:P4AK Angkat Bicara Soal Kembali Ramainya Fenomena Kawin Kontrak di Cianjur

Dia menyebut, kondisi tersebut memicu menguatnya dolar AS terhadap rupiah dan tentunya kenaikan harga minyak WTI dan Brent yang masing-masing telah menembus 85,7 dolar AS dan 90,5 dolar AS per barel.

"Harga minyak ini bahkan diprediksi beberapa ekonom bisa mencapai 100 dolar AS per barel apabila konflik meluas dan melibatkan Amerika Serikat," kata Erick.

Menurutnya, dua hal tersebut telah melemahkan rupiah menjadi Rp 16.000-16.300 per dolar AS dalam beberapa hari kebelakang. Nilai tukar ini bahkan bisa mencapai lebih dari Rp 16.500 apabila tensi geopolitik tidak menurun.

Erick menilai, situasi ekonomi dan geopolitik tersebut sudah dan akan berdampak kepada Indonesia melalui Foreign Outflow dana investasi yang akan memicu melemahnya rupiah dan naiknya imbal hasil obligasi. Kemudian juga semakin mahalnya biaya impor bahan baku dan pangan karena gangguan rantai pasok.

"Dan akan menggerus neraca perdagangan Indonesia," ujar Erick.

BACA JUGA:Arus Balik Pakai Kendaraan Listrik Tidak Perlu Ragu, Petugas Siap Membantu, Tersedia 9 SPKLU PLN di Cianjur

Oleh karena itu, Erick meminta BUMN melakukan langkah cepat dalam meminimalisasi dampak global melalui peninjauan ulang ulang biaya operasional belanja modal, utang yang akan jatuh tempo, rencana aksi korporasi, serta melakukan uji stres dalam melihat kondisi BUMN dalam situasi terkini. Dirinya meminta BUMN perbankan menjaga secara proporsional porsi kredit yang terdampak oleh volatilitas rupiah, suku bunga, dan harga minyak.

Dia juga menyebut, BUMN yang terdampak pada bahan baku impor dan BUMN dengan porsi utang luar negeri (dalam dolar AS) yang besar seperti Pertamina, PLN, BUMN Farmasi, MIND ID, agar mengoptimalkan pembelian dolar AS dalam jumlah besar dalam waktu singkat

"Serta melakukan kajian sensitivitas terhadap pembayaran pokok dan atau bunga utang dalam dolar yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat," tutur Erick.

Selain itu, sambung Erick, BUMN yang berorientasi pasar ekspor seperti Pertambangan MIND ID, perkebunan PTPN bisa memanfaatkan tren kenaikan harga ini untuk memitigasi tergerusnya neraca perdagangan.

Sumber: kabarbumn.com