Data Nama Rupabumi, Pemkab Cianjur Launching Aplikasi Gurilap Cianjur

Data Nama Rupabumi, Pemkab Cianjur Launching Aplikasi Gurilap Cianjur

Pemerintah Kabupaten Cianjur meluncurkan Aplikasi Gurilap Cianjur dalam rangka pendataan Nama Rupabumi. --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Cianjur launching Aplikasi Gurilap Cianjur dalam rangka pendataan Nama Rupabumi

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Cianjur, Iyus Yusuf, menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Badan Informasi Geospasial (Perbig) Nomor 6 Tahun 2023, bahwa pendataan Nama Rupabumi melalui aplikasi Sistem Informasi Nama Rupabumi (SINAR) dan Formulir. 

"Untuk Aplikasi SINAR sudah berjalan dan tim surveyor dari desa yang ditugaskan oleh pemerintah. Adapun dalam rangka peran serta masyarakat bisa mendata melalui formulir," katanya kepada Cianjur Ekspres, Kamis 27 Juni 2024. 

BACA JUGA:KPU Cianjur Lakukan Hitung Ulang Surat Suara Empat TPS di Desa Mentengsari Cikalongkulon

Khusus di Kabupaten Cianjur, pengembangan dari formulir tersebut dibangun aplikasi agar peran serta masyarakat lebih luas dalam rangka pendataan Nama Rupabumi. 

"Intinya masyarakat bisa berperan secara aktif memberikan data apapun yang ada di permukaan bumi Cianjur melalui Aplikasi Gurilap," ungkap Iyus. 

Dirinya mencontohkan, jika masyarakat menemukan unsur alami seperti air terjun di suatu tempat, bisa memberikan data langsung melalui Aplikasi Gurilap. 

"Terkait dengan pengisian data karena memang itu tidak terbatas kami akan filter (saring, red) di admin Aplikasi Gurilap oleh Bagian Pemerintahan sekaligus verifikasi dan validasi," tutur Iyus. 

Lebih lanjut Iyus mengatakan, Aplikasi Gurilap sudah dilaunching dan disosialisasikan kepada unsur pemerintah maupun elemen masyarakat. Saat ini menunggu persetujuan dari Play Store. Nanti jika sudah disetujui bisa di download. 

"Secara manual pendataan Gurilap sudah berjalan," katanya. 

Adapun kegiatan launching dan bimbingan teknis Aplikasi Gurilap Cianjur menghadirkan narasumber Tokoh Geografi Nasional, Titi Bachtiar dan Surveyor Pemetaan Madya Badan Informasi Geospasial, Lulus Hidayatno serta Diskominfo Cianjur dan para peserta dari unsur kecamatan juga elemen masyarakat. 

Sumber: