PSU di Cianjur Jadi Contoh Satker KPU Daerah Lain

PSU di Cianjur Jadi Contoh Satker KPU Daerah Lain

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur gelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 15 Desa Mentengsari, Kecamatan Cikalongkulon, Sabtu 29 Juni 2024.(Rikzan RA/Cianjur Ekspres) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur gelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 15 Desa Mentengsari, Kecamatan Cikalongkulon, Sabtu 29 Juni 2024.

Penyelenggaraan pencoblosan ulang itu pun disebut menjadi lokasi ‘wisata PSU’ oleh beberapa KPU kabupaten kota lain di Jawa Barat, seperti KPU Kabupaten Sukabumi, Bogor, Garut, Purwakarta, Karawang, dan daerah lainnya.

“Karena sesuai dengan amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK), hanya ada dua daerah di Jawa Barat yang lakukan PSU yakni Kabupaten Cianjur dan Cirebon,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Cianjur, M Ridwan saat ditemui.

BACA JUGA:Hari Ini, KPU Cianjur Gelar PSU di TPS 15 Desa Mentengsari Cikalongkulon

“Sehingga KPU Provinsi Jawa Barat merekomendasikan KPU daerah lain untuk melakukan observasi saat penyelenggaraan PSU. Jadi nampaknya seperti wisata PSU,” tambah dia.

Para personil perwakilan KPU daerah lain, ikut melihat langsung teknis dan tahapan-tahapan PSU untuk jadi percontohan.

“Karena baru kali ini ada PSU dari amar putusan MK, khususnya di Cianjur. Jika nantinya terjadi PSU pada Pilkada 2024 nanti, KPU daerah lain sudah mengetahui seperti apa teknis untuk penyelenggaraannya. Tapi mudah-mudahan PSU tak terjadi lagi di Jawa Barat,” jelas Ridwan.

Terpisah, Satuan Kerja (Satker) KPU Kabupaten Sukabumi, Rosalinda menyebutkan,  pihaknya juga menerima surat dari KPU Provinsi Jawa Barat yang merekomendasikan KPU di 27 kabupaten kota untuk menyaksikan PSU.

“Karena paling dekat dengan Cianjur, maka kami datang ke sini. Karena di Sukabumi juga tidak pernah ada PSU, ini jadi pembelajaran bagi kami untuk berjaga-jaga jika terjadi PSU saat Pilkada 2024,” ujar Rosalinda.

Kata dia, pihaknya tetap akan menghindari terjadinya PSU dengan pengarahan instens pada Ad Hoc, PPK, PPS, dan KPPS agar tak terjadi PSU.

“Tapi saya pribadi belum tahu apa penyebab terjadi PSU di Cianjur. Saya belum lihat videonya. Mungkin nanti kita akan lihat untuk pembelajaran juga,” jelasnya.

Sumber: