Program Pemberdayaan 10.000 UMKM Melebihi Target, Diskumdagin Cianjur Gelar UMKM Manjur Expo 2024

Program Pemberdayaan 10.000 UMKM Melebihi Target, Diskumdagin Cianjur Gelar UMKM Manjur Expo 2024

Bupati Cianjur, Herman Suherman didampingi Kepala Diskumdagin Kabupaten Cianjur, Euis Jamilah saat meninjau stand produk UMKM yang mengikuti UMKM Manjur Expo 2024. --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskumdagin) menggelar UMKM Manjur Expo 2024 di Alun-alun Sindangbarang. Kegiatan yang dilaksanakan 1-2 Juli 2024 ini, dibarengi dengan Kick Off Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-347.

Ratusan UMKM dari 32 kecamatan mengikuti kegiatan yang dibuka langsung Bupati Cianjur, Herman Suherman pada Senin 1 Juli 2024 malam. Tampak hadir Kepala Diskumdagin Kabupaten Cianjur, Euis Jamilah, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan sekaligus Ketua Umum HJC ke-347 Budhi Rahayu Toyib, Perwakilan KemenkopUKM, para kepala OPD, Camat dan masyarakat. 

Ketua Umum HJC ke-347 Budhi Rahayu Toyib, mengatakan, kegiatan UMKM Manjur Expo 2024 menandai dimulainya beragam rangkaian kegiatan HJC ke-347. 

BACA JUGA:Terlibat Judi Online, ASN dan Pegawai BUMD Jabar Akan Kena Sanksi Disiplin

"Pemerintah Kabupaten Cianjur menyadari bahwa UMKM sangat berperan dalam membangun perekonomian suatu daerah," katanya dalam sambutannya.

Oleh karena itu, jelas Budhi, Pemkab Cianjur terus berkomitmen untuk melakukan pemberdayaan UMKM melalui program pemberdayaan 10.000 UMKM. Dimana dengan program tersebut diharapkan, UMKM Kabupaten Cianjur dapat lebih berkembang dan berdaya saing sehingga mampu menjadi penggerak perekonomian di Kabupaten Cianjur. 

"Capaian program pemberdayaan 10.000 UMKM di Tahun 2024 mencapai 19.368 UMKM. Jadi sudah melebihi target, malahan ini belum masuk di lima tahun, tiga tahun sudah hampir 20 ribu pemberdayaan UMKM," tuturnya. 

Budhi mengungkapkan, pemberdayaan UMKM yang dilakukan meliputi akses pemasaran, legalitas produk, pelatihan serta akses permodalan. 

"Meskipun telah melebihi target pemberdayaan, namun tetap kita berkomitmen bahwa program Pemberdayaan UMKM terus dilakukan," tegasnya. 

Sementara itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengapresiasi capaian Program Pemberdayaan 10.000 UMKM yang telah melebihi target. 

"Luar biasa ditargetkan lima tahun, ternyata dalam waktu 3,5 tahun sudah melebihi target hampir 20 ribu (UMKM,red)," katanya dalam sambutannya. 

Herman menegaskan, capaian tersebut merupakan bukti keseriusan pemerintah dan masyarakat yang luar biasa. 

Terpisah, Sekretaris Diskumdagin Kabupaten Cianjur sekaligus Penanggung Jawab UMKM Manjur Expo 2024, Wahyu Ginanjar, mengungkapkan, sebanyak 320 UMKM yang mengikuti UMKM Manjur Expo merupakan peserta Business Manjur Competition (BMC) Tahun 2024 dari 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur. 

Sumber: