Pengamat Sebut Pertarungan Anies dan Ridwan Kamil di Jakarta Akan Sengit

Pengamat Sebut Pertarungan Anies dan Ridwan Kamil di Jakarta Akan Sengit

Ilustrasi : Pilkada Serentak 2024. (Foto; ANTARA/ANTARA.)--

JAKARTA,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Pertarungan sengit akan terjadi dalam Pilkada Jakarta jika Ridwan Kamil berhadapan dengan Anies Baswedan dalam perebutan kursi gubernur.

"Ini tentu akan menjadi pertarungan yang ketat karenanya punya latar belakang yang kuat," kata Pengamat Politik Universitas Andalas Padang, Asrinaldi  saat dihubungi di Jakarta, Senin 26 Agustus 2024.

Menurutnya, pasangan Ridwan Kamil dan Suswono mempunyai modal kuat untuk memenangkan Pilkada di Jakarta.

Pertama, Ridwan Kamil memiliki mesin politik yang kuat lantaran didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang jadi koalisi gemuk saat ini.

BACA JUGA:Surya Paloh Tegaskan Dukung Prabowo-Gibran Tanpa Tuntut Jatah Menteri

BACA JUGA:KPU Tetapkan Sepuluh Parpol tak Lolos Parlemen pada Pemilu 2024

Dengan demikian, kader partai akar rumput dan relawan-relawan yang terafiliasi dengan KIM akan bahu membahu memenangkan pasangan Ridwan Kamil dan Suswono di Jakarta.

Selain itu, pria yang akrab disapa RK ini juga dianggap memiliki rekam jejak yang baik selama menjadi Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat.

Kesan ini lah yang akan ditonjolkan RK agar bisa diterima dengan baik oleh warga Jakarta. "Itu juga menggambarkan harapan publik agar RK bisa memberi warna juga di Jakarta," kata Asrinaldi.

Di satu sisi, Anies juga dinilai memiliki basis dukungan yang kuat lantaran berstatus sebagai petahana Gubernur Jakarta.

BACA JUGA:Komisi II DPR Sebut Telah Penuhi Janji dengan Setujui PKPU 8/2024

BACA JUGA:Perkuat Persatuan, Ecky Awal Mucharam Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Cianjur

Sosok Anies sendiri akan semakin kuat jika nantinya benar-benar didukung oleh PDIP dan disandingkan dengan tokoh Betawi sekaligus politisi Rano Karno.

Asrinaldi berharap keduanya dapat berkompetisi dengan sehat sehingga masyarakat bisa dihadapkan dengan pilihan calon gubernur yang berkualitas.

Sumber: antara