Kirab Obor Finis di Banda Aceh, PON XXI Siap Dibuka oleh Presiden

Kirab Obor Finis di Banda Aceh, PON XXI Siap Dibuka oleh Presiden

--

BANDA ACEH,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Kirab obor api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 akhirnya finis di Kota BANDA ACEH, setelah mengelilingi wilayah provinsi berjulukan Tanah Rencong itu dengan melintasi 23 kabupaten/kota.

"Kirab api ini merupakan simbol semangat dan kebersamaan, sebuah api yang membakar semangat kita untuk berkompetisi secara fair dan sportif," kata Pj. Wali Kota Banda Aceh Ade Surya, Jumat 6 September 2024 di Banda Aceh.

Sumber api obor PON XXI Aceh-Sumut tersebut diambil dari Gunung Merapi Jaboi, Sabang, pada Selasa (27/8/2024) lalu.

Bermula dari Pulau Weh Sabang, peserta kirab api PON XXI bergerak menuju Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Jaya, Aceh Barat, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, dan Aceh Singkil, Subulussalam. Selanjutnya, ke Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, dan berakhir di Banda Aceh.

BACA JUGA:Pawai Kendaraan Hias Hari Jadi Kota Bandung, Ini Rutenya

BACA JUGA:Jokowi Tegaskan Perpindahan ASN ke IKN Dilakukan Setelah Fasilitas Siap

Begitu memasuki daerah ibu kota Banda Aceh, peserta kirab obor api PON XXI disambut ribuan pelajar yang berdiri di pinggir jalan protokol hingga ke Balai Kota Banda Aceh, dengan mengibarkan bendera merah putih ukuran mini.

Setiba di balai kota, mantan atlet tarung derajat Banda Aceh Ali Akbar yang memegang obor api itu langsung menyerahkan kepada Pj Wali Kota Banda Aceh Ade Surya saat rangkaian upacara.

Selanjutnya, obor api tersebut akan bermalam di Pendopo Wali Kota Banda Aceh. Kemudian pada Sabtu, 7 September akan diserahkan ke Pemerintah Aceh, untuk kemudian disulut pada obor kaldron malam pembukaan PON XXI Aceh-Sumut pada 9 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Pada kesempatan tersebut, Ade pun menegaskan jika PON merupakan ajang olahraga terbesar di Indonesia yang mempertemukan para atlet terbaik dari berbagai daerah untuk bertanding dalam berbagai cabang olahraga.

"Melalui PON ini, kita dapat menunjukkan kepada dunia bahwa Aceh akan menjadi tuan rumah yang sukses dan mampu menyelenggarakan event nasional ini dengan baik," ujarnya. 

Sebagai informasi, acara pembukaan akan digelar di Provinsi Aceh. Namun begitu, dari Stadion Baharuddin Siregar, Deli Serdang, Sumatra Utara akan digelar acara yang sama secara hybrid, yang terhubung langsung dengan pembukaan di Aceh. Presiden RI Joko Widodo akan membuka PON 2024 pada 9 September 2024 pukul 20.30 WIB.(*) 

Sumber: setneg.go.id