Tingkatkan Efisiensi Keamanan, Diskominfo Cianjur Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik

Tingkatkan Efisiensi Keamanan, Diskominfo Cianjur Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik

Diskominfo Kabupaten Cianjur saat menggelar sosialisasi dan optimalisasi tanda tangan elektronik di Villa Bumi Ciherang, Kecamatan Pacet.--

CIANJUR,CIANJURESPRES.DISWAY.ID - Penggunaan tanda tangan elektronik (TTE) dalam pemerintahan merupakan langkah penting untuk meningkatkan efisiensi keamanan dan akuntabilitas dalam administrasi publik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Keamanan Informasi Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Cianjur, Sopyan Sauri, disela kegiatan sosialisasi dan optimalisasi tanda tangan elektronik peralihan dari panter ke aplikasi besign di lingkungan pemerintah Kabupaten Cianjur, di Villa Bumi Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Rabu 23 Oktober 2024. 

"TTE di Pemerintahan Kabupaten Cianjur merupakan langkah penting dalam upaya modernisasi dan digitalisasi administrasi pemerintahan," kata Sopyan kepada wartawan.

Menurut Sopyan, tanda tangan elektronik akan mempermudah proses birokrasi dengan mengurangi penggunaan kertas, mempercepat pengesahan dokumen serta meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pengelolaan data.

BACA JUGA:Diterjang Longsor, Ratusan Hektar Sawah di Takokak Cianjur Terancam Kekeringan

BACA JUGA:Ketua Apdesi Cianjur: Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa Harus Persetujuan Bupati

"Adapun manfaat dari TTE bagi pemerintah daerah adalah efisiensi waktu dan biaya, keamanan yang lebih baik, pelayanan publik yang lebih cepat, transparansi dan akuntabilitas," ujarnya.

Adapun langkah-langkah optimalisasi TTE, lanjut Sopyan, yaitu melalui pelatihan dan sosialisasi, penyiapan infrastruktur digital dan kerjasama dengan penyedia layanan TTE menggunakan layanan dari penyedia TTE yang sudah disertifikasi oleh pemerintah seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Dengan implementasi yang baik diharapkan Kabupaten Cianjur bisa menjadi salah satu daerah yang mempelopori digitalisasi pemerintahan di Indonesia," harap Sopyan.

 

 

Sumber: