3 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW, Berlipat Pahala

3 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW, Berlipat Pahala

3 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW (Pixabay)--

CIANJUR, CIANJUREKSPRES- Rabiul Awal merupakan bulan istimewa dalam Islam, karena pada bulan tersebut lahir sosok manusia yang paling dicintai Allah SWT yakni Nabi Muhammad SAW pada 571 M. 

Oleh sebab itu, umat Islam terkhusus di Indonesia akan menyambut bulan Rabiul Awal dengan sebutan bulan Mulud.

BACA JUGA:10 Link Twibbon Sambut Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

Bulan Mulud yang berarti maulid atau kelahiran, karena pada bulan ini umat Islam akan memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW ini, sebagian umat Islam di Indonesia akan menggelar sebuah peringatan Maulid di mesjid-mesjid bahkan hingga sekolah.

Peringatan itu diisi dengan pembacaan kitab rawi (buku riwayat Nabi Muhammad) melalui atau tanpa iringan tabuhan rebana, pembacaan ayat Al-Qur’an, penyampaian ceramah agama, dan makan bersama di tempat atau pembagian makanan yang biasa disebut “berkat”.

BACA JUGA:Hore! BSU Tahap 3 Cair, Begini Cara Ceknya

Namun apa amalan yang bisa dilakukan saat maulid Nabi Muhammad SAW?

Pertama, perbanyak membaca shalawat nabi, pembacaan shalawat ini bisa dilakukan saat shalat shalat atau sambil berkegiatan.

Perintah ini juga tercantum dalam Q.S Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi “… Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan."

BACA JUGA:Wajib Tahu! Resiko Minum Obat dengan Air Teh, Sulit Diserap Tubuh

Kedua, amalan yang dapat dilakukan adalah puasa sunah. Banyak puasa sunah yang bisa dilakukan oleh umat muslim, diantaranya ada puasa daud, puasa Senin dan Kamis, dan lainnya.

Akan banyak sekali keberkahan yang kita dapatkan ketika melakukan puasa sunnah apalagi pada bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Ketiga, amalan peringatan maulid nabi yaitu meneladani sifat Nabi Muhammad SAW, diantaranya sifat Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah.

Sumber: berbagai sumber