PMI Cianjur akan Bentuk Unit Donor Darah Satelit di Selatan, Lokasinya?

PMI Cianjur akan Bentuk Unit Donor Darah Satelit di Selatan, Lokasinya?

Ilustrasi donor darah di UTD PMI Kabupaten Cianjur.(Dok/Cianjur Ekspres)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur akan membentuk Unit Donor Darah (UDD) satelit di wilayah Cianjur selatan. 

Tujuannya untuk menjangkau pendonor di Cianjur selatan sehingga kebutuhan darah terpenuhi setiap bulan.

BACA JUGA:G20 SOE Conference:Professor Harvard Apresiasi Peran BRI Tingkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia

Direktur UTD PMI Cianjur dr Susilawati, mengungkapkan, jika kebutuhan darah di Cianjur mencapai 1.800 labu setiap bulan.

Namun kemampuan pemenuhan masih fluktuatif, tidak jarang ketersediaan masih belum memenuhi kebutuhan. Stok yang tersedia saat ini pun hanya 206 labu yang hanya cukup untuk sepekan ke depan.

BACA JUGA:G20 SOE Conference:Bukti Nyata! Inisiatif Transformasi Digital BRI Mampu Tingkatkan Inklusi Keuangan Indonesia

"Untuk beberapa bulan terakhir antara stok dan kebutuhan masih seimbang, karena kami berusaha menggelar kegiatan donor darah mobil ke setiap wilayah dan berbagai kegiatan yang mengumpulkan banyak massa," ucap dia, Selasa (18/10/2022).

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cianjur Ahmad Fikri, mengatakan pihaknya akan membentuk UDD satelit tepatnya di Kecamatan Pagelaran untuk menjangkau para pendonor di wilayah selatan.

BACA JUGA:Jabatan Eselon II, III, dan IV Banyak yang Kosong

Menurutnya potensi pendonor di Cianjur selatan sangat tinggi namun belum termaksimalkan karena kendala jarak dan waktu tempuh. Fikri mengatakan PMI akan berkerjasama dengan RSUD Pagelaran untuk pembentukan UTD satelit. 

"Untuk ke selatan waktu tempuhnya bisa di atas 3 jam untuk sekali perjalanan, kalau pulang-pergi bisa di atas 6 jam. Sedangkan darah harus segera diolah setelah diambil dari pendonor. Makanya harus ada UDD satelit, rencananya di Pagelaran," katanya. 

BACA JUGA:Program Cekas Manjur Menyasar Karyawan di SKPD, Dinkes: Sudah Sekitar 70 Persen Cek Kesehatan

"Tenaga medisnya nanti ada yang dari kita dan dari RSUD Pagelaran. Nanti kita juga siapkan alat pengelolaan darah, sehingga setelah diambil dari para pendonor, darah bisa segera diolah," tambah Fikri.

Ia menargetkan dengan pembentukan UDD satelit, stok darah tidak hanya cukup memenuhi kebutuhan darah per bulan tapi bisa surplus.

Sumber: