IPM Cianjur Tumbuh Konsisten Selama 3 Tahun Terakhir, Kinerja Bupati Herman Suherman Diapresiasi

Selasa 13-08-2024,18:21 WIB
Reporter : Herry Febriyanto
Editor : Herry Febriyanto

"Meningkatnya IPM ini menunjukkan bahwa kebijakan yang diambil Pemerintah Kabupaten Cianjur, mulai membuahkan hasil secara bertahap. Artinya, data tren peningkatan IPM Kabupaten Cianjur ini, mencerminkan peningkatan kualitas hidup di wilayah Cianjur untuk aspek pendidikan, kesehatan, dan standar hidup," katanya.  

Namun, meskipun demikian, lanjut Irfan, guna mencapai IPM yang lebih kompetitif di tingkat provinsi, tentu diperlukan upaya yang lebih besar dan kerjasama yang harus lebih optimal lagi dengan berbagai pihak (multistakeholder). 

"Termasuk keterlibatan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, sektor swasta/pengusaha, akademisi (stakeholder pendidikan), masyarakat/komunitas serta media. Dibutuhkan kolaborasi multistakeholder yang optimal ABCGM (Akademisi, Business, Community, Government juga Media)," tegasnya yang juga merupakan Pengurus DPP Perkumpulan Dosen dan Peneliti Indonesia (PDPI).

Irfan pun menjabarkan tantangan pemerintah dalam upaya peningkatan IPM ke depan, seperti peningkatan kualitas Pendidikan agar terus meningkatkan akses dan mutu pendidikan di semua jenjang. 

Lalu akses dan layanan Kesehatan, dengan cara terus memperluas jangkauan layanan kesehatan yang berkualitas, khususnya di daerah/desa wilayah Cianjur yang masih minim fasilitas.

Kemudian peningkatan ekonomi dan ketenagakerjaan, harus terus menambah dan menciptakan lapangan kerja baru serta mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Cianjur.

Serta infrastruktur dan aksesibilitas, perlu terus memperbaiki infrastruktur dasar seperti jalan, air bersih, dan listrik untuk mendukung pembangunan.

Terakhir, pengelolaan sumber daya alam, perlu terus menjaga keseimbangan antara eksploitasi sumber daya alam dan pelestarian lingkungan untuk keberlanjutan ekonomi dan kualitas hidup. 

 

Kategori :