Ombudsman RI Dukung Penggunaan AI untuk Kelola Pengaduan

Senin 23-09-2024,17:00 WIB
Editor : Dede Sandi Mulyadi

JAKARTA,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Ombudsman RI memberi dukungan dalam penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk membangun sinergi dan kolaborasi dalam interoperabilitas data pengaduan masyarakat menuju pelayanan yang akuntabel. "Ombudsman RI meyakini bahwa semua rencana dan usaha baik yang dilakukan akan menghasilkan pola yang baik bagi perbaikan pelayanan publik kepada masyarakat," ujar anggota Ombudsman RI Johanes Widijantoro, dikutip dari laman resmi Ombudsman RI, Jakarta, Senin 23 September 2024. Pernyataan tersebut ia sampaikan pada kegiatan  Kick Off Artificial Intelligence for Recommendation Analysis  (AIRA) dalam rangka sinergi dan kolaborasi dalam interoperabilitas data pengaduan masyarakat di DPR RI menuju pelayanan yang akuntabel. Johanes mengatakan tata kelola pengaduan masyarakat yang baik adalah salah satu mandat yang diberikan oleh negara untuk mewujudkan tatanan demokrasi.

BACA JUGA:KPU Cianjur Tetapkan Tiga Paslon Ikuti Pilkada Cianjur 2024

BACA JUGA:PDIP Jelaskan Makna Kunjungan Megawati ke Uzbekistan Keterlibatan masyarakat dalam mengkritik kinerja pemerintah dan lembaga negara lainnya, menurut dia, patut dan layak diapresiasi. Ada pun cara pemerintah dalam mengapresiasi adalah dengan mendengar, menampung, mengolah, dan menindaklanjuti secara profesional dan adil. Johanes mengatakan DPR RI sudah memiliki lima proses dari sekian banyak aduan selama tiga tahun terakhir yang bisa ditindaklanjuti. Maka untuk lebih responsif, Johanes menegaskan pentingnya saling mendukung satu sama lain, setidaknya DPR RI sebagai representasi dari wakil rakyat memberikan perhatian yang lebih pada setiap keluhan yang masuk, sebagaimana mandat dari undang-undang.

BACA JUGA:DPC PDI Perjuangan Cianjur Gelar Rakercabsus, Matangkan Strategi Pemenangan Kepala Daerah 2024

BACA JUGA:Bey Machmudin: Akurasi DPT Kunci Pilgub Jabar Berkualitas Masukan aduan dari masyarakat dapat menjadi amunisi bagi DPR RI dalam menjalankan tugas-tugasnya. Johanes menjelaskan bahwa Ombudsman RI sebagai lembaga negara yang independen dan bertugas mengawasi pelayanan publik senantiasa siap bersinergi dan berkolaborasi untuk perwujudan dari upaya-upaya tersebut. Oleh karena itu, Ombudsman RI mengapresiasi seluruh pihak yang sedang dan yang akan terus berupaya mengimplementasikan kecerdasan buatan dalam upaya untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik dan berkualitas.

Kategori :