Pemerintah Berikan Sambungan Listrik Gratis untuk 5.538 Warga Kurang Mampu di Cianjur

Senin 23-09-2024,17:09 WIB
Editor : Dede Sandi Mulyadi

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) untuk 5.538 warga kurang mampu di Kabupaten Cianjur yang tersebar di 29 kecamatan.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan MP Dwinugroho menyampaikan bahwa melalui program ini masyarakat penerima BPBL diharapkan tidak lagi tergantung dari tetangga untuk penyediaan listriknya.

“Melalui program ini, kami berharap susut jaringan dari sambungan ilegal melalui penarikan kabel ke tetangga dapat berkurang. Perlu diketahui, sambungan listrik yang tidak sesuai dengan kaidah keselamatan ketenagalistrikan tentu sangat berbahaya,” ujar Nugroho dalam acara Sosialisasi Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Provinsi Jawa Barat, di Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Senin 23 September 2024.

Pada tahun 2024, Program BPBL telah ditetapkan untuk 23.518 rumah tangga di Jawa Barat dan akan terus ditingkatkan secara bertahap hingga sesuai dengan target sebesar 25.900 rumah tangga. 

BACA JUGA:Ratusan Sopir Ambulance Cianjur Hadiri Milangkala Pamdes ke-5

BACA JUGA:Polres Cianjur Sita Ratusan Knalpot Brong dan Miras Hasil KRYD

Nugroho mengatakan, program yang telah dijalankan sejak tahun 2022 ini tetap berlanjut pada tahun 2024 dengan target 150.000 rumah tangga se-Indonesia.

Program ini merupakan sinergi dengan DPR RI. Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno menyampaikan pentingnya akses listrik bagi masyarakat.

"Ketika rumah belum ada listrik dan sudah ada listrik, beda sekali. Orang jadi semangat dan kegiatan lebih produktif karena ada listrik," tutur Eddy.

Ia berharap Program BPBL ini dapat terus dilanjutkan dan membawa manfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA:Tujuh Hari Pencarian, Korban Tenggelam di Pantai Cemara Cidaun Belum Ditemukan

BACA JUGA:Sri Mulyani Minta Sinkronisasi Data APBN dan APBD Lebih Disempurnakan

"Kami harap program ini dapat berkelanjutan. Untuk 2024 kita sudah tingkatkan jumlah penerimanya, kami harap di tahun-tahun mendatang jumlah penerimanya lebih banyak dan didistribusikan kepada mereka yang berhak," ujarnya.

Senada, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur, Budhi Rahayu Toyib mengapresiasi pelaksanaan program BPBL.

Kategori :