Jaga Netralitas ASN, Plh Bupati Cianjur Bakal Kumpulkan Seluruh Kepala OPD

Selasa 24-09-2024,20:00 WIB
Reporter : Rikzan Rezkyesa Azhari
Editor : Dede Sandi Mulyadi

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Wakil Bupati Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin kini akan menduduki posisi Pelaksana Harian  (Plh) Bupati Cianjur setelah Herman Suherman mengajukan cuti selama masa kampanye pada Pilkada Cianjur 2024 mulai 25 hingga 23 September mendatang.

Untuk menyiasati agar aparatur sipil negara (ASN) bisa menjaga netralitasnya selama masa kampanye, Tb Mulyana mengatakan akan membuat para ASN sibuk dengan pelayanan pada masyarakat.

"Kalau ASN fokus dengan pelayanan dan menjalankan program kerjanya, tidak akan ada kesempatan mereka untuk ikut serta, berpihak, apalagi mengkampanyekan salah satu pasangan calon," kata Tb Mulyana pada Senin, 23 September 2024.

Jika nanti masih saja ada ASN yang mencuri-curi kesempatan untuk bersikap tidak netral, maka hal tersebut akan menjadi kewenangan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu).

BACA JUGA:RSUD Sayang Menuju RS Internasional, Cianjur Akan Punya Cancer Center

BACA JUGA:Bupati Cianjur Resmikan Rumah Singgah untuk Pasien Kanker

"Kalau ada pelanggaran pidana akibat ketidaknetralan ASN, maka akan dilanjutkan ke Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), tapi kalau hanya pelanggaran administratif maka akan diteruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)," ungkapnya.

Dia pun berencana untuk mengumpulkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyampaikan dan menegaskan kembali terkait netralitas ASN.

"Rencananya seperti itu, saya sebagai Plh akan menitik beratkan pada netralitas ASN pada para kepala OPD agar nantinya disampaikan lagi pada jajarannya," ungkapnya

Kategori :