Mendikdasmen Minta Guru Bahasa Indonesia Terapkan "Deep Learning"
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikdasmen menyelenggarakan kegiatan bertajuk "Pak Menteri Menyapa Guru Bahasa Indonesia 2025" di Gedung A Kemendikdasmen, Jakarta pada Selasa (24/6/2025). (Foto: ANTARA)--
JAKARTA,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu'ti meminta para guru Bahasa Indonesia untuk menerapkan pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning) sebagai bagian dari transformasi pembelajaran Bahasa Indonesia di ruang kelas.
Menurutnya, capaian dari pembelajaran Bahasa Indonesia sudah seharusnya mencakup pengembangan kemampuan murid untuk bernalar kritis dan berpikir logis ketika menggunakan Bahasa Indonesia sebagai media komunikasi.
“Nah, deep learning dalam pengajaran Bahasa Indonesia itu harus sudah mulai menjadi bagian dari transformasi pembelajaran bahasa Indonesia. Tidak sekedar mereka itu bisa membaca, tetapi paham dengan bahasa, dengan yang dia baca,” ujar Mendikdasmen Mu'ti dalam kegiatan bertajuk Pak Menteri Menyapa Guru Bahasa Indonesia di Gedung A Kemendikdasmen di Jakarta, Selasa 24 Juni 2025.
Selama ini, ia menilai metode pembelajaran Bahasa Indonesia cenderung normatif dan kurang inovatif, karena guru belum mengadopsi pendekatan deep learning dalam mengajarkan Bahasa Indonesia.
BACA JUGA:Kemendikdasmen: Indonesia Kekurangan Puluhan Ribu Kepala Sekolah
BACA JUGA:Cegah Ketidakpuasan, Komisi X DPR Ingatkan Pentingnya Transparansi dalam SPMB
Hal itu, kata Mu'ti, membuat kurangnya pendekatan kreatif dalam proses belajar mengajar hingga berdampak pada rendahnya motivasi siswa dalam mempelajari karya sastra yang pada gilirannya dapat menjadi sarana pembentukan karakter serta pembentukan empati yang positif.
Akibatnya, Mu'ti mengamati tidak sedikit anak muda yang menggunakan Bahasa Indonesia hanya untuk membuat kegaduhan (noise) daripada menyampaikan gagasan yang konstruktif (voice) di tengah era kebebasan berpendapat dan kemajuan teknologi komunikasi saat ini.
Melalui forum dialog tersebut, pihaknya meminta para guru untuk mulai menerapkan pendekatan deep learning berbasis proyek dan literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga siswa dapat belajar secara aktif, reflektif, dan terlibat secara emosional.
“Forum ini memperkuat pemahaman guru terhadap arah kebijakan kebahasaan nasional serta mendorong pembelajaran bahasa yang lebih menyenangkan, kontekstual, dan multimoda,” imbuhnya.
BACA JUGA:Komisi IV DPRD Cianjur Soroti Pelaksanaan SPMB 2025
BACA JUGA:28 PTN Sediakan 17.909 Kursi Mahasiswa Baru Lewat Seleksi Mandiri
Sebagai informasi, forum dialog Pak Menteri Menyapa Guru Bahasa Indonesia mengundang sebanyak 250 peserta secara luring, terdiri atas guru bahasa Indonesia se-Jabodetabek, mahasiswa, dan pejabat terkait.
Sementara itu, sekitar 5.000 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti kegiatan tersebut secara daring.
Sumber: antara
