Tenda Layak Huni Bagi Warga Terdampak Gempa di Kampung Garogol Cugenang Cianjur Mulai Dibangun

Tenda Layak Huni Bagi Warga Terdampak Gempa di Kampung Garogol Cugenang Cianjur Mulai Dibangun

TNI Angkatan Laut dan mahasiswa ITB mendirikan tenda layak huni bagi warga terdampak gempa bumi di Posko Kampung Garogol, Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. (Moch Nursidin/Cianjur Ekspres)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES  - TNI Angkatan Laut dan mahasiswa ITB mendirikan tenda layak huni bagi warga terdampak gempa bumi di Posko Kampung Garogol, Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. 

Tenda yang disebut Alpha tersebut terbuat dari konstruksi bambu yang kokoh dan terpal. 

BACA JUGA:Pencarian Korban Tertimbun Longsor Akibat Gempa di Cijedil Cianjur Dilanjutkan, Tim SAR Terjunkan Alat Berat

Komandan Detasemen Maskas Satuan Tugas TNI AL Letnan Kolonel Marinir Widhi Handono menjelaskan, pasca gempa bumi situasi pengungsian tidak teratur dan membuat tenda seadanya. 

"Begitu kami datang, kami mendirikan posko lengkap dengan beberapa fasilitas seperti dapur lapangan, instalasi air bersih, dan MCK," ujar Widhi, Selasa (6/12). 

Widhi mengaku prihatin dengan kondisi tenda-tenda pengungsian yang didirikan dengan kondisi seadanya. Padahal, lanjut dia, penanganan pascagempa bumi ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga warga terdampak membutuhkan tenda pengungsian yang lebih layak. 

BACA JUGA:Gempa Cianjur: 334 Jiwa Meninggal, Pencarian Korban Masih Nihil

"Kita menggandeng mahasiswa dari ITB untuk membuat hunian yang layak meskipun tenda sederhana, tapi layak untuk untuk para korban gempa," kata dia. 

Dia mengungkapkan, tenda yang berukuran 12 meter persegi tersebut dapat dihuni oleh empat orang hingga delapan atau per kepala keluarga (KK) per tenda. 

BACA JUGA:Pascagempa, Presiden Jokowi Datang ke Cianjur, Ini Harapan Wabup

"Saat ini kita sudah membuat 22 tenda yang kita sebut tenda Alpha. Dan rencananya tenda itu juga akan kita salurkan ke beberapa lokasi terdekat di Posko Taktis TNI AL," tutur Widhi. 

Widhi menambahkan selain mendirikan tenda hunian bagi terdampak gempa, pihaknya jugat telah mendirikan sejumlah fasilitas umum, seperti tempat ibadah, fasilitas kesehatan, dan dapur lapangan. 

Sumber: