Isu Mutasi dan Rotasi Pejabat Berhembus di Pemkab Cianjur

Isu Mutasi dan Rotasi Pejabat Berhembus di Pemkab Cianjur

ILUSTRASI: Bangunan Setda Cianjur tiga lantai yang nampak megah.--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Isu Pemerintah Kabupaten Cianjur akan melakukan mutasi dan rotasi pejabat di lingkungan pemerintahan bergulir di awal tahun ini. 

Bahkan isu ini sudah berhembus sejak awal Januari 2023. Informasi yang dihimpun Cianjur Ekspres, mutasi dan rotasi dikabarkan akan dilakukan antara pertengahan atau akhir bulan ini. 

BACA JUGA:Ini Tips Amankan Mobile Banking saat HP Hilang Agar Saldo Tetap Aman!

Dikonfirmasi perihal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur, Cecep S Alamsyah, memastikan, setiap akhir tahun selalu dilakukan evaluasi kinerja bagi seluruh pegawai di Kabupaten Cianjur untuk menentukan bagaimana kedepannya dan target-target pembangunan yang harus dicapai. 

"Evaluasi itu selain juga hasil yang dicapai, juga penyelenggaranya dalam hal ini OPD-OPD sebagai yang bertugas dalam pencapaian visi misi. Nah, kalau misalnya ada memang SKPD atau OPD yang lain yang memang kinerja tidak maksimal, nanti kita akan evaluasi apa penyebabnya,"  katanya saat ditemui Cianjur Ekspres di Pendopo Bupati Cianjur, Senin (9/1). 

Misalnya jelas Cecep, penyebab tidak maksimalnya apakah di tata laksananya, motivasinya atau di kompetentinya. 

BACA JUGA:Cepat Tanggap, BRI Peduli Salurkan Bantuan ke Masyarakat Terdampak Banjir Semarang & Demak

"Nanti dari evaluasi itu akan mengarah kepada apakah perlu alih tugas atau tidak. Jadi kalau misalnya kinerja tidak tercapai kan, memang tidak bisa bekerja atau motivasinya," katanya. 

"Kalau tidak bekerja, kan tinggal di bintek saja kalau tidak bisa. Tapi kalau motivasi, apakah itu bosan atau misalnya ada hal yang lain. Nah, kalau bosan tentu harus ada penyegaran. Nah, dari situ nanti akan mengarahkan ada alih tugas atau tidak," ujarnya menambahkan.

Saat ditanya apakah rotasi dan mutasi pejabat akan dilakukan awal bulan ini, Cecep menegaskan belum, namun sekarang sedang diolah dulu apakah nanti mengarah ke alih tugas atau tidak yang intinya diolah semua komponen secara teknis.    

BACA JUGA:Kantor Bappilu dan Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra Diresmikan, Begini Kata Prabowo

"Diolah oleh tim evaluasi kinerja, ada dari Setda, Inspektorat, BKD (BKPSDM, red) lebih ke bagaimana pencapaian kinerja masing-masing dinas," ucapnya.  

Namun yang jelas, kata Cecep, akan dilakukan evaluasi terlebih dahulu untuk melihat apa penyebabnya. Apakah tidak kompeten atau motivasinya sudah berkurang. 

"Kalau mutasi (karena, red) motivasi kurang biasa, apakah dia sudah bosan terlalu lama atau seperti apa. Nah, nanti arahnya ke alih tugas," tuturnya. 

Sumber: