Dukung Penurunan Stunting, Dinkes Cianjur Perluas Sasaran CEKAS

Dukung Penurunan Stunting, Dinkes Cianjur Perluas Sasaran CEKAS

CEKAS: Program Cekas di kegiatan Cianjur Bangkit Bersama Rakyat di Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Selasa (31/1). --

CIANJUR, CIANJUREKSPRES -  Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur tahun ini akan memperluas sasaran pelayanan program Cek Kesehatan (CEKAS) masyarakat dengan menjangkau wanita atau ibu hamil dalam rangka upaya mendukung penurunan angka stunting. 

"Pengembangan ini terus dilakukan, tahun pertama kita lebih ke usia produktif dan lansia dan tahun ini sesuai dengan instruksi Pak Bupati, kita memperluas lagi sasaran yaitu wanita atau ibu hamil karena memang daya ungkitnya saya kira akan sangat signifikan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy kepada Cianjur Ekspres di Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Selasa (31/1). 

BACA JUGA:Soal Pencapresan, PKS Cianjur Dukung Kebijakan DPP

Irvan menjelaskan, inti dari program Cekas adalah screening kesehatan bagi usia produktif termasuk bagi pasangan dan wanita usia subur untuk bisa mengetahui status kesehatannya. 

"Kita tahu pada saat kehamilan banyak faktor yang mempengaruhi keterkaitan dengan profil kesehatan. Salah satu yang paling besar itu memang hipertensi dalam kehamilan, lalu penyakit gula, jantung dan sebagainya yang mengakibatkan outputnya nanti anak atau bayi yang dilahirkan berada dalam kondisi terdapat hambatan dari pertumbuhan atau stunting," katanya. 

BACA JUGA:Bupati Minta LO Data Kebutuhan Korban Gempa Selama Ramadan

Jadi, tegas Irvan, pihaknya dalam setahun kebelakang menggencarkan program Cekas yang dikaitkan dengan penurunan stunting adalah mempersiapkan pasangan usia subur dan utamanya wanita usia subur yang memutuskan untuk hamil, maka semua status kesehatannya harus dalam kondisi sehat. 

"Kalau memang ketahuan ada kendala, harus optimal dalam hal mendapatkan pengobatan," tuturnya.

Sumber: