Pengurus DPC APMDN Cianjur Resmi Dikukuhkan

Pengurus DPC APMDN Cianjur Resmi Dikukuhkan

--

CIANJUR, CIANJUREKSPRES - Pengurus DPC Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa Nusantara (APMDN) Kabupaten Cianjur resmi dikukuhkan. 

Pengukuhan digelar pada Senin (30/1) langsung oleh Ketua DPW APMDN Jawa Barat, Linda Hayati di Gedung Asrama Haji Kemenag Cianjur.  Kegiatan dilanjutkan dengan rapat koordinasi. 

BACA JUGA:Permudah Layanan Keuangan, BRI Jalin Kolaborasi dengan Bio Farma Bangun Ekosistem Healthcare

Usai dikukuhkan, Ketua DPC APMDN Cianjur, Verra Heryanti, menjelaskan, Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa Nusantara merupakan organisasi yang dibentuk untuk mewadahi para pendamping desa, pegiat desa, pendamping lainnya atau perorangan yang memfasilitasi mencintai desa. 

"Rapat konsolidasi ini merupakan ajang silaturahmi bagi semua anggota DPC APMDN Cianjur dengan ketua juga pengurus DPW APMDN Jawa Barat," katanya dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA:141 Ribu Orang Ramaikan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022, BRI Antarkan UMKM Go Global

Verra menegaskan, DPC APMDN Cianjur dibentuk berdasarkan kesadaran dan kesukarelaan. 

"Kedepannya APMDN ini akan bekerjasama dengan para pihak yang memiliki visi dan misi yang sama dalam pemberdayaan desa. Tujuannya agar organisasi tetap hidup dan  berkembang seiring pemberdayaan di desa," ucapnya. 

BACA JUGA:Diskuperdagin Cianjur Sebut 1.500 Pelaku UMKM Terdampak Gempa

Pada kesempatan yg sama hadir juga Pengawas DPC APMDN Cianjur, Lepi Ali Firmansyah yang mengingatkan bahwa berdirinya DPC APMDN Cianjur harus lebih mendorong keberadaan pendamping desa dalam hal fungsi terutama pemberdayaan masyarakat desa dan dan perangkat desa.

"Walaupun menurut data BPS setelah lahirnya Undang-Undang Desa yang menjadi dasar lahirnya pendamping desa , jumlah angka kemiskinan tercatat berkurang signifikan," katanya. 

 BACA JUGA:Relokasi Menanti SK Bupati Cianjur

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan bantuan berupa donasi bagi 10 orang pendamping desa terdampak gempa bumi di Cianjur yang rumahnya masuk kategori rusak ringan, sedang dan berat. Bantuan langsung diserahkan Ketua DPW APMDN Jawa Barat, Linda Hayati.

Diakhir kegiatan, Linda menggerakan semangat para anggota APMDN dengan Kredi APMDN Jawa Barat 'APMDN Jawa Barat Bangkit, Bergerak Maju Bersama'.

Sumber: