Suka Duka Menjadi Pemandu Gunung

Suka Duka Menjadi Pemandu Gunung

Niko Rastagil (tengah) saat sedang menjalani profesi pemandu gunung di Gunung Gede Pangrango--

"Iya, biasanya kami memberikan sebuah harga untuk para pendaki yang ingin menggunakan jasa kami, dan hal tersebut disesuaikan dengan service yang akan kami berikan. Namun tidak jarang banyak customer yang menuntut lebih soal service, dan hal tersebut diluar dari standar harga yang ada". keluhnya.

Namun, jika tadi sempat diulas tentang sisi duka menjadi seorang pemandu gunung gede pangrango, Niko juga memberikan sebuah informasi bahwa tak sedikit juga hal yang menguntungkan bagi dirinya.

Salah satu yang tidak bisa dipungkiri bahwa bekerja menjadi seorang pemandu gunung memberi beberapa keuntungan. Salah satu hal positif dan membahagiakan itu adalah banyaknya relasi yang bisa dibangun.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi, karena tentunya aktivitas memandu gunung tidak hanya dilakukan dengan satu customer saja. Dan semakin lama menjadi pemandu, bisa memiliki banyak relasi dari berbagai latar belakang.

Belum lagi dari segi uang tip yang kerap diterima pemandu Gunung Gede Pangrango. Biasanya, ketika customer merasa puas dengan service yang dilakukan oleh pemandu, tidak jarang banyak customer yang biasanya memberi uang tip kepada pemandu dan terkadang melebihi gaji seorang guide.

"Ya ada kalanya kita mendapatkan keuntungan lebih dari customer, dan kalau sedang beruntung uang tip tersebut bisa melebihi gaji kami sebagai guide," ungkap Niko.

Tapi selain itu, balik lagi pada tingkat kepuasan customer, ketika hal tersebut telah terjadi maka bukan hal yang mustahil akan memberikan peluang lebih kepada seorang pemandu gunung. Salah satunya adalah bisa jalan-jalan dengan gratis, dalam artian tidak sedikit customer yang akan meminta seorang pemandu di Gunung Gede untuk memandu di gunung lain dan terkait biaya dan sebagainya jelas sudah ditanggung customer.

Selain itu, terkadang banyak juga pemandu yang akhirnya dibawa oleh customer untuk bekerja di perusahaan mereka. Hal ini juga pernah dirasakan Niko saat akhirnya dibawa untuk bekerja di salah satu perusahaan.

"Jika berbicara tentang keuntungan, hal yang paling besar adalah kita mendapat peluang pekerjaan baru dari customer. Tapi hal tersebut juga terlepas dengan kepuasan mereka saat dipandu oleh kita," pungkasnya.(job1)

Sumber: