Harus Tahu, Ini 4 Keunggulan iPhone 15 Plus dalam Aspek Ramah Lingkungan

Harus Tahu, Ini 4 Keunggulan iPhone 15 Plus dalam Aspek Ramah Lingkungan

--

JAKARTA,cianjurekspres - Di era teknologi modern, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat. Salah satu langkah besar menuju keberlanjutan adalah dengan merancang produk elektronik yang ramah lingkungan. Apple sebagai pemimpin industri teknologi telah mengambil langkah besar dalam hal ini dengan meluncurkan iPhone 15 Plus yang memiliki berbagai fitur dan inovasi untuk mengurangi dampak lingkungan.

Sejak diluncurkan iPhone 15 resmi di Indonesia plus pada tahun 2023, ponsel ini memang banyak menjadi incaran para penggemar yang mendambakan kecanggihan teknologi dan juga aman bagi lingkungan. Melalui iPhone 15 Plus, Apple tidak hanya memberikan pengalaman teknologi terbaik kepada penggunanya tetapi juga membuktikan bahwa inovasi dapat dilakukan dengan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Berikut keunggulan iPhone 15 Plus dalam aspek ramah lingkungan, mulai desain produk, bahan baku, dan praktik manufaktur yang mendukung tujuan keberlanjutan Apple.

1.Desain Produk yang Berkelanjutan

Salah satu aspek utama yang membuat iPhone 15 Plus menjadi unggul dalam hal keberlanjutan adalah desain produk yang meminimalkan dampak lingkungan. Apple telah menerapkan berbagai fitur dan inisiatif untuk mencapai tujuan keberlanjutan mereka, seperti yang tercantum dalam Laporan Lingkungan Produk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

IPhone 15 Plus dirancang dengan mengandalkan 23% kandungan daur ulang. Hal ini mencerminkan komitmen Apple untuk memanfaatkan bahan-bahan yang dapat didaur ulang, mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam baru. Pengurangan emisi sebesar 25% dibandingkan baseline merupakan pencapaian signifikan, dan menunjukkan bahwa Apple tidak hanya fokus pada produk akhir, tetapi juga pada seluruh rantai produksinya.

2.Bahan-bahan Daur Ulang

IPhone 15 Plus dibuat dengan bahan ramah lingkungan. Misalnya, penutup berbahan aluminium pada perangkat ini mencakup 75% aluminium daur ulang. Ini bukan hanya langkah menuju penggunaan lebih banyak bahan daur ulang, tetapi juga mengurangi jejak karbon dalam proses produksi. Baterai iPhone 15 Plus juga menunjukkan kemajuan signifikan dengan 100% kobalt daur ulang — suatu pencapaian pertama bagi Apple.

Lebih jauh lagi, logic board utama dan pengisi daya induktif MagSafe pada iPhone 15 Plus juga menggunakan 100% foil tembaga daur ulang, menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan dari segi material yang digunakan. Penggunaan tembaga daur ulang ini tidak hanya mengurangi dampak lingkungan, tetapi juga menginspirasi banyak industri untuk mengikuti jejak yang sama.

3.Hemat Energi dan Proses Kimia yang Aman

IPhone 15 Plus memperlihatkan komitmen Apple untuk hemat energi dengan melampaui persyaratan Kementerian Energi Amerika Serikat untuk sistem pengisi daya baterai. Dengan demikian, pengguna iPhone 15 Plus dapat merasakan manfaat positif dalam pengurangan konsumsi energi dan biaya penggunaan.

Proses kimiawi yang lebih aman juga menjadi bagian integral dari upaya keberlanjutan Apple. Kaca bebas arsenik, bebas merkuri, BFR, PVC, dan berilium adalah langkah-langkah proaktif dalam memastikan bahwa proses produksi tidak hanya efisien tetapi juga aman bagi lingkungan dan manusia.

4.Manufaktur dan Pengemasan Ramah Lingkungan

Komitmen Apple terhadap lingkungan tidak hanya tercermin dalam desain produk, tetapi juga dalam praktik manufaktur dan pengemasan. Tidak ada lokasi perakitan akhir yang menghasilkan limbah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sebagai bagian dari Program Zero Waste Apple. Semua lokasi pemasok perakitan akhir kini beralih ke penggunaan 100% energi terbarukan untuk produksi Apple, menciptakan lingkungan manufaktur yang lebih bersih dan bertanggung jawab.

Sumber: