Timnas U-20 Indonesia Kalah 2-3 dari Uzbekistan, Indra Sjafri: Butuh Proses dan Waktu

Timnas U-20 Indonesia Kalah 2-3 dari Uzbekistan, Indra Sjafri: Butuh Proses dan Waktu

Laga uji coba internasional Timnas U-20 Indonesia versus Uzbekistan yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, Selasa 30 Januari 2024 berakhir dengan skor 2-3.-(foto: pssi.org)-

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID, JAKARTA - Laga uji coba internasional Timnas U-20 Indonesia versus Uzbekistan yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, Selasa 30 Januari 2024 berakhir dengan skor 2-3.

Dua gol Indonesia dicetak oleh, Muhammad Kafiatur dan Arlyansyah Abdulmanan. Sedangkan tiga Uzbekistan dicetak oleh Reimov Mukhammedali, Kurbunov Ozodek, dan Fayzullaev Ruziboy.

Sebelum melakoni laga melawan Uzbekistan, Timnas U-20 terlebih dahulu melakoni laga uji coba dengan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Jumat 26 Januari 2024 lalu, dengan skor akhir kalah 1-2.   

BACA JUGA:Jokowi Resmikan Tujuh Ruas Jalan Daerah di DIY

Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, mengatakan, dua uji coba internasional ini sangat bermanfaat bagi tim dan dirinya untuk mengetahui sejauh mana perkembangan anak asuhnya.

"Dua laga uji coba internasional ini (lawan Thailand dan Uzbekistan), kami sudah mencoba 27 pemain untuk dimainkan. Dari 30 pemain yang ada, lebih kurang baru 17 pemain yang bisa jadi bagian skuad U-20," katanya. 

"Kami juga melihat dia dua laga uji coba ini terkait fokus pemain di akhir babak. Terus tadi gol kedua dari Uzbekistan karena tidak adanya mungkin koordinasi dan komunikasi, dan orang yang melakukan umpan silang, tapi bola masuk ke gawang, jadi hal-hal kecil seperti itu," sambung Indra. 

Indr Sjafri memastikan anak asuhnya akan terus berproses untuk lebih baik dan proses untuk mematangkan tim muda memang butuh waktu.

BACA JUGA:BPN Cianjur Targetkan 60.000 Bidang Tanah Ikut PTSL 2024

"Dan ya mungkin tim ini baru berproses, dan saya bisa pastikan tim ini akan lebih baik dari waktu ke waktu, dan tim muda memang butuh proses dan waktu, kecuali tim-tim yang usia 23 tahun, kalau U-20 ini labil, oleh sebab itu saya dan tim pelatih sangat berhati-hati mencoret dan memilih mereka," katanya. 

Dalam waktu dekat, Garuda Nusantara akan kembali kedatangan pemain baru. Beberapa pemain akan dijaring dari Piala Soeratin, Elite Pro Academy, dan pemain-pemain diaspora.

"Satu kita lagi mengirim pelatih ke Surabaya untuk melihat semifinal Soeratin Cup dan lagi mengikuti turnamen EPA (Elit Pro Academy). Setelah itu kita lagi menginventarisasi pemain kita yang main di luar negeri. Jadi ada beberapa pemain yang sekarang kelahiran 2005 yang main di luar negeri dan kita sudah berkomunikasi dengan mereka," ungkap Indra Sjafri.

"Nanti di FIFA Matchday bulam Maret kita akan melakukan TC lagi dan saat ini tim akan berlanjut melakukan pemusatan latihan sampai 10 Februari untuk nanti memastikan ada satu atau dua laga uji coba lagi," ujarnya menambahkan.

Tim U-20 Indonesia diproyeksikan berlaga di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Selain itu berharap lolos ke Piala Dunia U-20 2025 di Chile.

Sumber: pssi.org