DLH Cianjur Angkut 1.584 Ton Sampah Selama Takbiran dan Libur Lebaran

DLH Cianjur Angkut 1.584 Ton Sampah Selama Takbiran dan Libur Lebaran

Tampak petugas kebersihan DLH Kabupaten Cianjur saat membersihkan dan mengangkut tumpukan sampah di pinggir jalan.(DLH Cianjur) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR -Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, mencatat, sampah yang dihasilkan dari hari H-1 sampai H+4 Lebaran (10-14 April 2024)  mencapai sekitar 1.584 ton.  

Mayoritas sampah yang dihasilkan berasal dari wilayah perkotaan Cianjur dan  tempat-tempat wisata di Cipanas.

Kepala DLH Kabupaten Cianjur, Komarudin, mengatakan, sejak H-1 hingga H+4  lebaran pihaknya mengoperasikan 24 unit armada truk  pengangkut sampah.  

“Bahkan pada malam takbiran sampai hari pertama  lebaran, total sampah yang diangkut mencapai sekitar  432 ton,” katanya kepada  Cianjur Ekspres, Senin 15 April 2024. 

BACA JUGA:Puncak Arus Balik di Jabar Terkendali

Selama malam takbiran dan  hari pertama lebaran, seluruh armada truk pengangkut sampah masing-masing  mengangkut sebanyak tiga rit. Sedangkan dari H+1 sampai H+4 lebaran, armada  yang dikerahkan mengangkut sampah setiap harinya  sebanyak dua rit.  

“Memasuki masa liburan  lebaran, kami tetap mengerahkan 24 armada untuk  mengangkut sampah yang  difokuskan di wilayah perkotaan Cianjur serta kawasan Cipanas,” ucap Komarudin.  

Pasca lebaran, Komarudin mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah  sembarangan dan jika ingin menyimpan sampah sesuai dengan jadwal yang sudah  ditetapkan dari mulai Pukul 19.00 WIB sampai Pukul 05.00 WIB.  

BACA JUGA:Mengejutkan, Bali United FC Kalah dari Persikabo 1973

“Kemudian juga harus sudah di mulai di olah dan di  pilah (sampah,red) sejak dari rumah. Minimal dipilah dari rumah,” katanya. 

Komarudin mengaku, masih banyak masyarakat  yang membuang sampah di luar jam yang telah ditentukan dari pagi sampai  sore meskipun volumenya berkurang.  

“Sekarang sudah mulai berkurang tumpukan sampah dari pagi sampai sore. Jadi volumenya kecil, dari pagi  sampai sore satu kiriman truk ke TPAS,” pungkasnya.

Sumber: