Bunga Bangkai Tertinggi di Dunia Diprediksi Mekar Pekan Ini

Bunga Bangkai Tertinggi di Dunia Diprediksi Mekar Pekan Ini

Bunga bangkai raksasa dan tertinggi di dunia bakal mekar di Kebun Raya Cibodas (KRC) pada pekan ketiga April 2024. (Foto: Rikzan AR /CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Koleksi tanaman bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum) yang merupakan jenis bunga tertinggi dunia bakal mekar di Kebun Raya Cibodas (KRC) pada pekan ketiga April 2024 ini.

Koordinator Pelaksana Fungsi dan Humas KRC BRIN, Winarni mengungkapkan, salah satu kuncup bunga bangkai raksasa setinggi 2,28 meter itu masih bisa bertambah tinggi.

“Kalau sebelumnya dalam sehari bisa bertambah 20 sentimeter, tapi saat akan mekar seperti sekarang ini paling bertambah setinggi 10 sentimeter dalam sehari. Artinya masih bisa mencapai 3,5 meter lebih saat mekar nanti,” ungkap Winarni kepada wartawan, Selasa 16 April 2024.

BACA JUGA:Penginapan Penuh, Warga Ujunggenteng Sukabumi Sewakan Rumah untuk Wisatawan

Dia menyebutkan, jika momen mekarnya bungai endemik asli Indonesia itu hanya bisa dinikmati hanya dalam waktu yang singkat. Biasanya, bunga raksasa itu mekar hanya selama dua hari penuh sebelum akhirnya kembali pada masa tidur (dorman).

“Bunga ini sangat sensitif. Jika ada yang iseng menyenggol tunasnya, bisa saja dia mempercepat mekar dan langsung masuk fase dorman. Begitu juga jika cuaca yang kurang bagus bisa mempersingkat masa mekarnya,” jelas Winarni.

Maka dari itu, pertumbuhan dari bunga bangkai tersebut dipantau secara ketat oleh tim peneliti dari BRIN yang memastikan tidak ada ranting yang jatuh mengenai kuncup juga mengukur pertumbuhan bunga.

BACA JUGA:Penginapan Penuh, Warga Ujunggenteng Sukabumi Sewakan Rumah untuk Wisatawan

Kata dia, bunga bangkai yang mekar tersebut merupakan anakan dari umbi induk yang dibawa dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Jambi. Saat ini, sudah ada 10 ‘anak’ yang berhasil dibudidayakan di KRC.

“Induknya sendiri sudah ditanam di KRC sejak 2000 lalu dibawa dalam bentuk umbi. Pernah juga menjadi bunga tertinggi di dunia 2020 dan belum ada yang mengalahkan rekornya sampai sekarang. Dulu itu tingginya sampai 4 meter lebih,” ujarnya.

Saat ini, induk bunga bangkai raksasa itu sendiri telah memperlihatkan tunasnya, menyembul dari balik dedaunan sekitar lima sentimeter.

BACA JUGA:Disbudpar Catat 15.208 Wisatawan Berkunjung ke Cianjur, Puncaknya Diprediksi Sabtu-Minggu

“Kita harapkan ini (tunas) masuk fase generatif atau masa berbunga. Bisa jadi bunga ini menjadi yang tertinggi lagi karena umbinya saja kira-kira sudah seberat 100 kilogram. Jadi semakin besar umbi, semakin tinggi juga bunganya,” kata dia.

Terpisah, Direktur Kebun Raya Cibodas Marga Anggriyanto mengungkapkan mekarnya tanaman langka ini menjadi berkah karena bertepatan dengan hari jadi KRC yang ke 172 tepat pada 11 April 2024 lalu.

Sumber: