Baru Mekar Dua Hari, Bunga Bangkai Raksasa di Kebun Raya Cibodas Jadi Magnet Pecinta Tumbuhan hingga YouTuber

Baru Mekar Dua Hari, Bunga Bangkai Raksasa di Kebun Raya Cibodas Jadi Magnet Pecinta Tumbuhan hingga YouTuber

Bunga Bangkai Raksasa Koleksi Kebun Raya Cibodas.(Rikzan RA/Cianjur Ekspres) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Bunga Bangkai Raksasa koleksi Kebun Raya Cibodas (KRC) yang baru mekar dua hari pada Sabtu 20 April 2024, menjadi magnet bagi para pecinta tumbuhan, pembuat konten (content creator) dan anak-anak yang didampingi orangtua, atau pasangan kekasih yang liburan di kebun raya.

Melihat dari dekat, ukuran bunga yang tingginya mencapai tiga meter lebih saja sudah membuat decak kagum, tidak biasanya ada bunga yang tingginya hampir dua kali tinggi orang dewasa. Ditambah diameter kelopak bunganya yang capai 161 sentimeter, sedikit lebih besar dari meja kantor.

Urusan aroma, sesuai dengan namanya, bau bangkai. Kata salah satu petugas KRC, pada hari pertama bunga endemik Sumatera ini mekar pada Jumat, 19 April 2024 sekitar pukul 00.56 WIB, semerbak aroma bangkai sangat menyengat dan tercium dari jauh. Namun pada Sabtu kemarin, baunya baru bisa dicium pada jarak dua atau tiga meter.

BACA JUGA:Ahli IT yang Ditangkap Polres Cianjur Diduga Juga Menjadi Peretas

Kelopak bunga berwarna merah hati dipenuhi serangga, mayoritas lalat.

Saat Cianjur Ekspres datang ke lokasi mekarnya Bunga Bangkai Raksasa, ada satu keluarga yang merupakan content creator asal Depok. Azka Nadhif (13) anak pasangan Usye (50) dan Sugiharto (51) menjadi Youtuber sejak belia karena ketertarikannya dengan flora dan fauna. 

Azka terlihat dengan fasih memberikan narasi informasi soal Bunga Bangkai Raksasa kearah kameramen yang tak lain adalah ayahnya.

"Dari dia masih umur tiga tahun sudah memiliki minat terhadap bunga dan serangga. Bahkan pernah ikut dalam kegiatan penyerbukan (polinasi) beberapa bulan lalu di Rumah Perubahan Jakarta Escape," ujar Esya pada Cianjur Ekspres.

Dirinya sengaja datang jauh-jauh dari Depok ke Cianjur setelah mendengar kabar kalau bunga bangkai koleksi KRC mekar sempurna. "Walaupun sempat terjebak macet karena penerapan satu jalur (one way) dari Bogor ke Jakarta. Tapi kita datang ke sini untuk Azka mengambil video untuk konten di kanal YouTube-nya," ungkapnya.

Dia dan suaminya, benar-benar mendorong minat Azka terhadap alam. Bahkan, Azka disekolahkan ke SMP Indonesia Natural School yang merupakan sekolah berbasis alam.

"Alhamdulillah dari taman kanak-kanak kita masukan ke sekolah yang sesuai dengan karakter dan minatnya. Sebenarnya dia sangat suka dengan serangga," ungkap Usye.

BACA JUGA:Pertamina Jamin Stabilitas Harga BBM Setelah Serangan Iran ke Israel

Karyanya di Youtube pun mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Azka menjadi sering wara-wiri masuk ke acara televisi nasional, juga diundang ke kanal milik artis kondang Indonesia yang memiliki hobi serupa seperti Irfan Hakim.

Azka Nadhif, mengaku tertarik dengan Bunga Bangai Raksasa karena ciri khas bentuk dan aromanya yang berbeda dengan bunga lain. 

Sumber: