Calon Jemaah Haji Kabupaten Cianjur Tertua Berusia 100 Tahun, Termuda Berusia 19 Tahun

Calon Jemaah Haji  Kabupaten Cianjur Tertua Berusia 100 Tahun, Termuda Berusia 19 Tahun

Arsip-Ribuan calon jemaah haji asal Kabupaten Cianjur saat mengikuti bimbingan manasik haji di Gedung Herlina. (Foto: Dok CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Sebanyak 1.440 calon jemaah haji (Calhaj) Kabupaten Cianjur mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar di Gedung Herlina, Senin (22/4). Kegiatan dibuka Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Jumlah calon jemaah haji Kabupaten Cianjur tahun 2024 sebanyak 1.436 orang. Adapun calon jemaah haji tertua berusia 100 tahun dan termuda berusia 19 tahun.

Kepala Seksi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Rian Fauzi, mengatakan, jumlah calon jemaah haji sebanyak 1.436 orang, sementara yang mengikuti bimbingan manasik haji sekitar 1440 orang atau sekitar 99 persen.

BACA JUGA:Di Cianjur, Karyawan Pabrik Temukan Ular Sanca Sepanjang 4 Meter

"Calon jemaah haji tertua usianya 100 tahun dan calon haji termuda usianya 19 tahun. Alhamdulillah karena tahun ini pemerintah memberlakukan aturan sebelum melunasi harus sudah sehat. Jadi otomatis secara kesehatan semuanya aman, dan terkendali," katanya kepada wartawan.

Rian mengungkapkan, ada satu orang calon jemaah haji terpaksa tidak bisa berangkat akibat mempunyai penyakit gagal ginjal. 

"Jadi tahun ini hanya satu orang jemaah yang tidak bisa berangkat. Jadi jemaah itu belum melunasi dan tidak berhak melunasi karena ada penyakit," ungkapnya.

BACA JUGA:Jemaah Haji Asal Cianjur Dibagi Jadi Empat Kloter, Keberangkatan Perdana 12 Mei 2024

Rian menuturkan, untuk satu kloter terdapat delapan petugas dengan rincian ketua kloter satu orang, petugas haji daerah tiga orang dalam satu kloter, dan tenaga kesehatan tiga orang.

"Harapan saya mudah-mudahan seluruh jemaah haji asal Kabupaten Cianjur semuanya diberikan kesehatan, kemudahan, dan kekuatan, sehingga bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dan umroh. Kemudian bisa kembali lagi ke tanah air semuanya atau utuh serta tidak ada yang tertinggal, baik yang meninggal ataupun yang sakit," pungkasnya.

Sumber: