Bawaslu Cianjur Rekrut Calon Anggota Panwascam Pilkada 2024

Bawaslu Cianjur Rekrut Calon Anggota Panwascam Pilkada 2024

Bawaslu Kabupaten Cianjur melakukan perekrutan calon anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Cianjur melakukan perekrutan calon anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pendaftaran dibuka selama 5 hari sejak 23-27 April 2024.

Koordinator Divisi Organisasi, Sumber Daya Manusia dan Diklat Bawaslu Kabupaten Cianjur, Iyan Sopyan, mengatakan, existing tersebut merupakan peserta yang berasal dari anggota Panwaslu kecamatan yang saat ini sedang melaksanakan tugas untuk pengawasan. 

"Jadi yang hari ini kita lakukan berdasarkan panduan yang dibuat oleh Bawaslu RI, bahwasanya Bawaslu kabupaten ini sekarang sedang melakukan proses pendaftaran khusus existing. Jumlahnya sebanyak 96 orang yang saat ini masih menjabat sebagai Panwaslu kecamatan," kata dia kepada Cianjur Ekspres, Kamis 25 April 2024.

BACA JUGA:Selain Demokrat dan PKB, Haji Ibang Juga Daftar Bakal Calon Kepala Daerah ke PAN Cianjur

Jadi, lanjut Iyan, saat ini sedang dilakukan evaluasi kinerja. Terkait penempatan akan tetap di daerah asalnya, misalkan kecamatan A ditempatkan di kecamatan A yang hari ini mereka masih menjabat Panwascam.

"Mereka harus melakukan proses pendaftaran sejak dua hari kebelakang dari 23-27 April 2024. Evaluasi kinerja ini ada tiga hal yang nanti bakal menjadi poin penilaian. Pertama adalah dilakukannya tes online. Nanti ada tes soal dan sebagainya yang telah dibuat oleh Bawaslu RI, kedua ada penilaian pimpinan Kabupaten Cianjur, dan ketiga membuat portofolio masing-masing pendaftar," papar Iyan.

Iyan menuturkan, setelah proses pendaftaran, nantinya bakal ada tes dan sebagainya hingga ditetapkan. Setelah ditetapkan kemudian dilantik, dan setelah itu mereka bertugas untuk melakukan pengawasan pada Pilkada 2024.

BACA JUGA:Jokowi Dukung Inisiatif Prabowo-Gibran Rangkul Seluruh Komponen

"Terkait perekrutan ini tentu kita akan melakukan penilaian yang sangat objektif. Artinya kita mengharapkan bahwa yang nanti terpilih adalah orang-orang terbaik dari yang baik. Tentu ini untuk melakukan kerja-kerja pengawasan, ketika SDM-nya baik tentunya kerja-kerja ke depan pun akan lebih baik lagi," ujarnya.

Sumber: