Jumlah Pendaftar PPDB SMKN 1 Cianjur Meningkat

Jumlah Pendaftar PPDB SMKN 1 Cianjur Meningkat

Jumlah pendaftar PPDB SMKN 1 Cianjur meningkat dibanding tahun ajaran sebelumnya. (Foto: Moch Nursidin/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Antusiasme masyarakat untuk mendaftarkan putra putrinya ke sekolah menengah kejuruan (SMK) terus meningkat, seperti yang terpantau di SMKN 1 Cianjur pada penerimaan PPDB tahap 1 dan 2.

Berdasarkan catatan SMKN 1 Cianjur, jumlah pendaftar PPDB 2024 tahap 1 mencapai 574 orang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun ajaran sebelumnya.  

Ketua Pelaksana PPDB SMKN 1 Cianjur, Eni Tarmini mengatakan, jumlah total pendaftar PPDB tahap pertama jalur zonasi dan afirmasi mencapai 574 orang, sementara calon siswa yang diterima pada PPDB tahap pertama hanya 25 persen.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN UNPI Cianjur Diminta Bantu Permasalahan Masyarakat

"Sesuai aturan. Pada tahap pertama kami hanya mengambil 25 persen dari jumlah pendaftar sebanyak 574 orang, yakni sebanyak 152 orang. Mereka sudah lulus dan sudah melakukan daftar ulang," katanya kepada Cianjur Ekspres, Selasa (25/6).

Kepala SMKN 1 Cianjur, Wawan Mawardi, mengungkapkan, jumlah pendaftar setiap tahun selalu mengalami peningkatan, sehingga banyak calon siswa yang tidak keterima akibat kuota yang sudah terpenuhi.

"Tahun sebelumnya jumlah total pendaftar mencapai sekitar 800 orang, sementara calon siswa yang diterima hanya 500 orang lebih," ungkapnya.

BACA JUGA:Rayakan Pelepasan dan Kenaikan Kelas, MI di Cipanas Gelar Permainan Jajangkungan Hingga Sapintrong

"Untuk tahun ajaran sekarang SMKN 1 Cianjur menyediakan kuota pendaftar sebanyak 612 orang," tambahnya.

Wawan mengatakan, apabila ada calon siswa yang tidak diterima di SMKN 1 Cianjur akibat kuota sudah terpenuhi, masyarakat bisa mendaftarkan anaknya ke sekolah lain baik negeri maupun swasta.

"Kami sudah bekerjasama dengan sekolah terdekat yang negeri. Apabila ada calon siswa yang tidak keterima, bisa mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut," katanya.

BACA JUGA:Rumit, Ortu Siswa di Cianjur Kesulitan Saat PPDB Online

Wawan menambahkan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, pihaknya sudah membentuk tim informasi untuk membantu para pendaftar yang mengalami kesulitan.

"Jika masyarakat ada kesulitan saat melakukan pendaftaran, tim kami sudah siap membantu dengan menyediakan meja khusus untuk mendampingi para pendaftar PPDB secara online," ungkapnya.

Sumber: