Tekankan Pengenalan Lingkungan, Disdikpora Cianjur Keluarkan SE MPLS

Tekankan Pengenalan Lingkungan, Disdikpora Cianjur Keluarkan SE MPLS

Bupati Cianjur Herman Suherman bertindak selaku pembina upacara sekaligus meresmikan pembukaan MPLS di SMPN 1 Campaka, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. (Foto: MOCH NURSIDIN/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur telah mengeluarkan surat edaran (SE) terhadap seluruh SMP, terkait pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). 

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikpora Kabupaten Cianjur, Helmi Halimudin, mengatakan, surat edaran tersebut berisikan tentang pedoman MPLS di setiap sekolah. 

"Pada prinsipnya ketika kita berbicara MPLS, berarti berbicara terkait dengan situasi baru seperti dari jenjang SD ke jenjang SMP," kata Helmi usai mengikuti pembukaan MPLS di SMPN 1 Campaka, kepada Cianjur Ekspres, Senin 15 Juli 2024.

BACA JUGA:Disarpusda Cianjur Rangsang Siswa PAUD Gemar Membaca

"Ketika siswa SD masuk ke jenjang SMP, maka hal pertama yang harus dilakukan pihak sekolah adalah pengenalan lingkungan, baru kemudian menentukan karakter," ujar Helmi.

Helmi menjelaskan, selama tiga hari pelaksanaan MPLS, siswa akan mendapatkan beberapa materi, yakni pengenalan lingkungan sekolah, cara belajar, dan pendidikan karakter.

"Setelah itu, siswa baru bisa menyesuaikan dengan lingkungan atau situasi yang baru," jelasnya.

BACA JUGA:Disdikpora Cianjur Akui Pengawasan PIP Lemah

Selain itu, lanjut Helmi, selama pelaksanaan MPLS, siswa akan diberikan materi mengenai dampak negatif kekerasan dan kesetaraan gender.

"Jadi, ketika anak sudah paham materi soal kekerasan, dan ketika ada masalah, dia bisa langsung melaporkannya," pungkasnya.

Sumber: