Bupati: Sarana dan Prasarana Damkar Cianjur Sudah Memadai

Bupati: Sarana dan Prasarana Damkar Cianjur Sudah Memadai

Ilustrasi-Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur sedang berusaha mematikan sisa kobaran api yang menghanguskan sebuah bangunan. (Foto: Dok/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Bupati Cianjur, Herman Suherman memastikan sarana dan prasarana (sarpras) di Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur telah memadai.

Hal itu menanggapi viralnya kondisi sarpras Damkar Kota Depok yang kini menjadi perhatian publik karena video room tour personil Damkar di media sosial.

"Melihat hal itu, saya langsung mengecek kondisi sarpras damkar kita. Kita kunjungi beberapa pos manajemen wilayah kebakaran (WMK) untuk melihat secara langsung," ujar Herman pada Kamis 25 Juli 2024.

BACA JUGA:Damkar Kesulitan Tangani Kebakaran di Selatan Cianjur

Herman mengatakan, Damkar Kabupaten Cianjur memiliki 11 unit truk damkar (fire truck) yang tersebar di enam pos WMK yang ada di beberapa kecamatan.

"Di WMK Cianjur ada dua unit fire truck, Cikalongkulon dua unit, Cibeber ada dua unit, Cipanas dua unit, Ciranjang dua unit, dan WMK Sindangbarang satu unit fire truck," jelas Herman.

Dia juga memastikan jika rem tangan dari semua unit fire truck berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Damkar Sosialisasi Apar dan Simulasi Pemadam Kebakaran ke Pegawai Diskominfo Cianjur

"Terbukti saat ada kebakaran di Pasar Sukanagara beberapa waktu lalu, fire truck kita bisa datang tepat waktu di lokasi kebakaran dengan selamat. Saya juga coba sendiri unit fire truck-nya" katanya.

Selain fire truck, Herman juga memeriksa jumlah baju tahan panas (fireman suites) yang jumlahnya kini sama dengan jumlah fireman.

"Baju pemadam saat ini tidak saling pinjam lagi. Satu fireman punya satu set baju pemadam," kata dia.

BACA JUGA:Aduh! Pria di Cilacap Nekat Pasang Cincin di Mr P Hingga Tersangkut, Petugas Damkar Turun Tangan

Gergaji mesin dan dan alat-alat penunjang lainnya dalam kondisi prima.

"Untuk SDM juga kita terus tingkatkan, dengan melibatkan para petugas dengan pelatihan-pelatihan," tandasnya.

Sumber: