Jaga Standar Kualitas Vendor Pelaksana, PLN Gelar Peralatan dan Pasukan

Jaga Standar Kualitas Vendor Pelaksana, PLN Gelar Peralatan dan Pasukan

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat melaksanakan gelar peralatan dan pasukan vendor yang termasuk dalam daftar penyedia terseleksi (DPT) di lapangan parkir RM Dapur Semara, Cianjur pada Rabu (17/7). --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat melaksanakan gelar peralatan dan pasukan vendor yang termasuk dalam daftar penyedia terseleksi (DPT) di lapangan parkir RM Dapur Semara, Cianjur pada Rabu (17/7). 

Gelar peralatan dan pasukan tersebut merupakan salah satu tahapan dalam proses lelang jasa konstruksi yang diadakan oleh PLN UID Jawa Barat. Sebanyak 10 vendor DPT mengikuti kegiatan tersebut. 

Andre Pratama Djatmiko, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur menyebutkan untuk menjaga standar kualitas para vendor, PLN UID Jabar melaksanakan kegiatan penilaian penyedia jasa salah satunya melalui gelar peralatan dan pasukan. 

BACA JUGA:Pedagang Pasar Ciranjang Deklarasi Dukung Herman-Ibang di Pilkada Cianjur 2024

“Gelar peralatan dan pasukan dimaksudkan untuk memastikan para vendor DPT memenuhi persyaratan dan kualifikasi dari segi pasukan maupun peralatan yang digunakan. Dengan demikian, vendor yang lolos merupakan vendor yang telah memenuhi kriteria baik dari segi kelengkapan peralatan, spesifikasi peralatan dan kualifikasi petugasnya,” katanya. 

Dalam kegiatan tersebut, PLN UP3 Cianjur ditunjuk sebagai penanggungjawab. Selain itu, tim PLN UP3 Cianjur bersama dengan tim PLN UP3 Sukabumi yang terdiri dari pegawai bagian Jaringan, Konstruksi dan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L), menjadi inspektor yang memeriksa kelengkapan peralatan dan pasukan dalam gelar peralatan dan pasukan pagi itu. 

Kesepuluh perusahaan vendor memperlihatkan seluruh peralatan kerja yang akan digunakan pada saat pelaksanaan pekerjaan dan tim inspektor akan menilai setiap peralatan kerja yang dipakai agar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh PLN. 

Selain itu, Andre juga menekankan pentingnya memenuhi kaidah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam setiap pekerjaan yang dilakukan di lingkungan kerja PLN sesuai dengan “PLN Life Safety Rules”. 

“Gelar peralatan dan pasukan juga sebagai implementasi dari PLN Life Safety Rules yakni memastikan peralatan kerja sesuai dengan jenis pekerjaan, sesuai standar dan layak digunakan dan pekerja yang kompeten untuk melaksanakan pekerjaan,” terang Andre. 

K3 merupakan cerminan budaya dalam perusahaan dan bukan sekedar program. “Dengan budaya K3 yang baik akan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi semua pekerja,” kata Andre. 

Di Bandung, General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia menyampaikan bahwa pelaksanaan penilaian peralatan kerja dan pasukan yang akan melaksanakan pekerjaan menunjukkan komitmen PLN UID Jabar untuk mengedepankan transparansi dalam menyeleksi perusahaan yang akan bekerjasama dengan PLN. 

“Penyedia jasa yang memenuhi kualifikasi akan mendukung efektivitas pelaksanaan pekerjaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sesuai dengan semangat transformasi PLN,” pungkas Susiana.(*) 

Sumber: