Hadapi Musim Kemarau, Pemdes Ciloto Optimalkan Program Pamsimas

Hadapi Musim Kemarau, Pemdes Ciloto Optimalkan Program Pamsimas

Pengendara motor melintas di depan Kantor Pemerintah Desa Cilot, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. (Foto: DEDE SANDI MULYADI/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, mengambil sejumlah langkah untuk mengantisipasi kekeringan akibat dampak musim kemarau. 

Langkah-langkah tersebut diambil Pemerintah Desa Ciloto guna memastikan pasokan air bersih bagi seluruh warga desa terutama di wilayah rawan kekeringan akibat dampak musim kemarau.

Kepala Desa Ciloto, Marwan mengatakan, sejak tiga tahun lalu, Pemerintah Desa Ciloto telah mengeluarkan SK program pengelolaan air bersih bernama penyediaan air minum sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) yang dikelola oleh masyarakat untuk memastikan pasokan air yang memadai bagi warga.

"Program tersebut sudah berjalan selama tiga tahun, dan alhamdulillah untuk di wilayah tiga yakni Kampung Parabon program pengelolaan air yang bersumber dari TNGP sudah berjalan," kata Marwan kepada Cianjur Ekspres, Senin 26 Agustus 2024.

BACA JUGA:Meriahkan HUT RI ke-79, Karang Taruna Tanjung Mekar Cianjur Gelar Jalan Santai

BACA JUGA:Antisipasi Gempa, Bupati Cianjur Perintahkan Disdikpora Sosialisasikan Siaga Bencana

Setelah wilayah 3, lanjut Marwan, program pengelolaan air bersih selanjutnya akan dilaksanakan di wilayah 2 yang saat ini memasuki tahap sosialisasi.

"Hal itu penting dilakukan karena disaat seperti ini (musim kemarau), sebanyak apapun air kalau tidak ditampung dulu pasti akan habis, makanya perlu dilakukan pengelolaan secara optimal," ujarnya.

Selain di wilayah 3 dan 2, Marwan menjelaskan, wilayah 1 tak kalah penting untuk segera dilakukan pengelolaan air bersih untuk memastikan air selalu tersedia walaupun di musim kemarau.

"Walaupun selama ini warga setempat mengambil air bersumber dari gunung dan sumur, namun tidak menutup kemungkinan air yang bersumber dari gunung akan berkurang pada saat memasuki musim kemarau," jelas Marwan.

BACA JUGA:Proyek Galian Gorong-gorong di Jalan Raya Sukabumi Cianjur Makan Korban

BACA JUGA:APDESI Cianjur Targetkan Pembangun Rumah Singgah Selesai Setahun

Marwan menuturkan program pengelolaan air bersih yang sudah berjalan dan yang akan dilaksanakan, seluruhnya dikelola oleh warga khususnya para ketua RT dan RW.

"Secara umum semua wilayah di Desa Ciloto sudah teraliri air bersih, namun belum seluruhnya dikelola dengan sistem manajerial yang baik, karena sebagian masih dalam tahap sosialisasi," tuturnya.

Sumber: