Buaya Muara Lepas dari Penangkaran di Cianjur, Delapan Ekor Berhasil Ditangkap Pawang

Buaya Muara Lepas dari Penangkaran di Cianjur, Delapan Ekor Berhasil Ditangkap Pawang

Pawang dibantu petugas lainnya berhasil menangkap delapan ekor buaya muara yang lepas dari penangkaran di Jalan Perintis Kemerdekaan Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur. --

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Beberapa ekor buaya muara lepas dari penangkaran di Jalan Perintis Kemerdekaan, RT 02/RW 09, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur pada Rabu (2/10/2024). Delapan ekor buaya berhasil ditangkap oleh pawang. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sesuai berita acara penitipan (BAP) yang diperlihatkan Fujianto, satwa yang dilindungi undang-undang tersebut berjumlah 80 ekor merupakan milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat.

Pemilik kolam, Koh Nuyan, mengatakan, beberapa ekor buaya lepas akibat tanggul jebol yang terjadi pada Rabu (2/10) kemarin saat diguyur hujan cukup deras.

BACA JUGA: TMMD ke-122 di Desa Ciandam Cianjur Resmi Dilaksanakan

BACA JUGA: PMI Cianjur Targetkan Rp1 Miliar dari Bulan Dana Kemanusiaan

"Waktu hujan gede, hujan angin. Jumlahnya yang lepas tidak tahu, cuma yang dapat (tertangkap) delapan ekor," katanya kepada wartawan, Kamis 3 Oktober 2024.

Dia mengungkapkan tidak mengetahui jumlah buaya muara yang lepas. Namun hingga saat ini baru delapan ekor buaya yang berhasil ditangkap.

"Ditangkap oleh pawang khusus. Dari lokasi penangkaran paling jauh 5 meter dari lokasi. Jumlahnya (total) kurang jelas, ada di BKSDA yang jelasin. Penangkaran ini dulu untuk limbah. Buayanya dikasih makan ayam bangke. Penangkaran ini dari sejak 2018," kata Nuyan .

Nuyan menambahkan, lepasnya buaya muara akibat tanggul kolam jebol sudah diketahui oleh BKSDA. Sebab, buaya muara tersebut statusnya milik BKSDA.

BACA JUGA: Ketum GPPI Tekankan Anggota DPR RI yang Baru Mampu Meningkatkan Kualitas Pendidikan

BACA JUGA: Kendalikan Pendaki, TNGGP Bakal Rangkul dan Basecamp Berdayakan

“BKSDA tadi sudah mengetahui malam, belum datang ke lokasi. Setelah jebol malem sudah di benteng,” ujarnya. 

Sumber: