SMAN 1 Cianjur Sabet Juara 1 Kompetisi Debat Daerah

SMAN 1 Cianjur Sabet Juara 1 Kompetisi Debat Daerah

Suasana kompetisi debat pelajar yang tergabung dalam Education Program and Incredible Competition (EPIC) 2024. Dalam lomba tersebut SMAN 1 Cianjur berhasil menyabet juara 1. (Foto: Ist)--

Juri pertama sekaligus Dosen Universitas Suryakencana (UNSUR), Febry Marindra Cysbya mengungkap, penyebab hasil juri cukup alot karena selisih angka setiap tim sangat ketat.

"Kami melihat secara objektif dan subjektif untuk menentukan juara karena selisih angkanya sangat ketat 17 poin dari kedua tim yang memiliki poin 676. Dari aspek nilai isi, penyampaian, dan strategi tim, jumlahnya sangat tipis. Maka kami tambah lagi diskusi untuk melihat tim yang memiliki nilai lebih di kemampuan membangun argumen," tuturnya.

BACA JUGA:Siapkan Generasi Emas 2045, SMPN 1 Cianjur Kembangkan Kantin Sehat

BACA JUGA:Baznas Luncurkan Beasiswa Bagi 10 Ribu Santri

Dosen Sastra dan Bahasa Indonesia itu mengungkapkan selamaa berjalannya kompetisi, para peserta mengalami perubahan yang signifikan.

"Selama lomba berlangsung para peserta mengalami perkembangan yang signifikan. Mulai dari awalnya malu berbicara, kurang referensi dan salah penggunaan istilah. Mendekati semifinal bahkan tadi final, barulah keberanian mereka terbangun seperti mulai vokal bersuara, memberi referensi sesuai kemampuan mereka," ungkap Febry.

Sumber: