Siswa Kelas 5 SDN Dawuan Cianjur Jalani Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Siswa Kelas 5 SDN Dawuan Cianjur Jalani Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Siswa kelas 5 SDN Dawuan Kecamatan Pacet, saat mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024. (Foto: Dede Sandi M/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahap pertama untuk jenjang sekolah dasar (SD) di Kabupaten Cianjur, berlangsung pada Senin (28/10).

Kegiatan ANBK diikuti oleh siswa kelas 5 sebanyak 30 peserta, yang dibagi ke dalam tiga tahap, tahap pertama yakni simulasi , tahap kedua gladi bersih, dan tahap ketiga pelaksanaan.

Kepala SDN Dawuan, Aang Abdurrahman mengatakan, khusus untuk SDN Dawuan pelaksanaan ANBK tahun 2024, dilaksanakan pada 28-29 Oktober 2024. "Untuk SDN Dawuan kebagian sesi satu dan dua," kata Aang kepada wartawan, Senin 28 Oktober 2024.

Aang menjelaskan, hari pertama ANBK, SDN Dawuan melaksanakan literasi untuk mengukur sejauhmana tingkat dan minat baca anak-anak. "Hari kedua pada tanggal 29 Oktober baru numerasi, dimana anak-anak dites kemampuan dalam berhitung," jelas Aang.

BACA JUGA:Ratusan Siswa Madrasah Ikuti Perkemahan Pramuka di Mandala Kitri Cibodas Cianjur

BACA JUGA:Disdikpora: Perbaikan Bangunan Sekolah Rusak di Cianjur Capai 75 Persen

Mengenai peserta ANBK, kata Aang, pihak sekolah tidak bisa ikut menentukan atau merekrut calon peserta karena sudah ditentukan secara otomatis oleh sistem.

"Kita tidak bisa menentukan anak mana yang akan direkrut untuk ikut melaksanakan ANBK, karena nama siswa yang muncul untuk mengikuti ANBK sudah tersistem yang sudah ditentukan oleh Kemendikbudristek," katanya.

"Sementara mengenai peralatan dan perangkat serta jaringan alhamdulillah SDN Dawuan sudah mandiri," tambahnya. 

Aang berharap hasil dari ANBK tahun 2024 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya agar ada peningkatan dalam raport pendidikan. "Harapan semua kepala sekolah yang ada di lingkungan Kordik Pacet ingin lebih baik dari tahun sebelumnya," ungkapnya.

BACA JUGA:DPMPTSP Cianjur Gelar Bimtek Akselerasi Nomor Induk Berusaha

BACA JUGA:SMAN 1 Cianjur Sabet Juara 1 Kompetisi Debat Daerah

Jumlah sekolah untuk jenjang sekolah dasar di lingkungan Kordik Pacet, Kabupaten Cianjur, tercatat sebanyak 29 SD, 26 diantaranya SD Negeri dan tiga SD swasta.

Sumber: