Disbudpar Cianjur Genjot Strategi Tarik Wisatawan Lewat Branding Ayam Pelung
Kepala Disbudpar Cianjur, Ayi Reza Addairobi. (Foto: CIANJUR EKSPRES/Mochamad Nursidin)--
CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus memperkuat posisi Cianjur sebagai destinasi unggulan di Jawa Barat. Salah satunya dengan menjadikan ayam pelung sebagai branding khas daerah, layaknya domba Garut di Kabupaten Garut.
Kepala Disbudpar Cianjur, Ayi Reza Addairobi, mengatakan kegiatan seperti kontes ayam pelung memiliki dampak positif terhadap sektor pariwisata.
“Ini sebetulnya harus menjadi branding Kabupaten Cianjur, seperti halnya Garut dengan domba Garut. Kami dari sisi kepariwisataan sangat mendukung kegiatan ini karena akan meningkatkan tingkat kunjungan ke Cianjur,” kata Ayi kepada Cianjur Ekspres pada Minggu 21 September 2025.
Menurut, meningkatnya kunjungan wisatawan tidak hanya berdampak pada popularitas ayam pelung, tetapi juga mendorong sektor wisata lainnya.
BACA JUGA:Pemkab Cianjur Gelar Kontes Ayam Pelung Suara Alam Cup ke-20
BACA JUGA:Kontes Ayam Pelung di Cugenang Cianjur Dibubarkan, Ini Alasannya
“Dengan adanya tingkat kunjungan ke Cianjur otomatis bukan hanya ayam pelungnya saja, tetapi wisata-wisatanya juga akan kebagian manfaat,” ujarnya.
Untuk menarik wisatawan, Disbudpar menyiapkan sejumlah langkah strategis, mulai dari peningkatan infrastruktur, perbaikan kualitas pelayanan, pemasaran dan promosi, hingga pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pariwisata berkelanjutan.
“Strategi-strategi itu penting agar promosi dan pemasaran berjalan maksimal, sehingga orang tahu banyak destinasi wisata menarik di Cianjur,” kata Ayi.
Ayi berharap peningkatan kunjungan wisata dapat berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat serta mendorong pertumbuhan Produk Domestik Bruto Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Cianjur.
Sumber:
