Lakukan Pendampingan UMKM, BRI Kolaborasi dengan SMESCO Indonesia Hadirkan Growpreneur
--
JAKARTA, CIANJUREKSPRES - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bekerja sama dengan SMESCO Indonesia menghadirkan Growpreneur, salah satu rangkaian road toBRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 yang menjadi sebuah program aktivasi pemberdayaan dan pendampingan bagi UKM Indonesia.
Growpreneur ini nantinya menyediakan activation program baik regular, komunitas maupun mini inkubasi.
Program Growpreneur sendiri diresmikan oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masdukidi SMESCO Indonesia pada 15 September 2022.
Teten Masduki mengungkapkan bahwa berbagai aktivitas pemberdayaan dapat dimanfaatkan oleh para UKM anggota Growpreneur, antara lain speed dating antara penjual dan pembeli, panel diskusi, networking dan strategic partnership, local brand showcase, creative corner, mentoring dan business matching.
“Program Growpreneur dapat membuka peluang baru bagi pertumbuhan UMKM Indonesia melalui misinya untuk menginspirasi, berinovasi, menghubungkan jaringan antara UMKM dengan ekosistem kewirausahaan, industri kreatif, dan infrastruktur digital yang adaptif,” ujarnya.
BACA JUGA:Langkah Nyata BRI Gunakan Kendaraan Listrik Dalam Mengurangi Emisi Karbon
Senada, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budiharto juga mengatakan bahwa pada masa pemulihan ekonomi ini, UKM diharapkan mampu memiliki resiliensi dan akselerasi terhadap adopsi teknologi digital.
“Oleh karena itu, BRI melalui Growpreneur menggunakan kurikulum yang telah disesuaikan dengan kondisi UKM terkini dan diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas dan kualitas dari produk-produknya,” ujarnya.
“Kami berharap program-program pemberdayaan maupun edukasi UMKM seperti halnya Growpreneur ini dapat dilakukan secara berkesinambungan, dan kehadiran BRI dapat mendorong UMKM untuk naik kelas dan juga membangkitkan perekonomian Indonesia”, ungkap Catur.
BACA JUGA:Punya Fitur Lengkap, Nilai Transaksi BRImo Tembus Rp1.567 Triliun
Sebagai informasi, peresmian program Growpreneur ini mengusung tema khusus “Ruang Tanpa Sekat” yang sekaligus menjadi tema bulan pertama Growpreneur.
Hal ini menjadi concernSMESCO Indonesia dan BRI mengingat sebanyak 65% kelompok Difabel masih sulit mendapatkan pendampingan untuk usaha atau bisnisnya.
Growpreneur mengajak tujuh UMKM Kolabolator yang terlibat langsung dalam rangkaian acara peresmian ini, yaitu Cute Monster, Kopi Tuli, Precious One, The Able Art, Ka-Ta (Karta Disabilitas), Dignityku, Hear Me (Aplikasi Teman Tuli).Growpreneur ini juga merupakan salah satu wujud komitmen BRI untuk meningkatkan social value creation.
Sumber: