Antusias Tinggi, Jumlah Pendaftaran Petmil Dishut Lampaui Target

Antusias Tinggi, Jumlah Pendaftaran Petmil Dishut Lampaui Target

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.(istimewa)--

BACA JUGA:Perumdam Tirta Mukti Cianjur Akui Pengolahan Air Terganggu Saat Hujan

Dodit mengatakan, pihaknya sudah menggulirkan program petani milenial lebah madu dan jamur kayu sejak November 2021. 

Dodit juga menyebut, keterlibatan berbagai pihak dari hulu hingga hilir, turut membantu keberlangsungan petmil Dinas Kehutanan. Sehingga, tidak hanya kepada petmil, komunikasi kepada offtaker dan avalis, terus dijaga dengan baik.

Ke depannya, Dishut akan mengembangkan akses penjualan produk para petani milenial ini. Yakni, dengan menggelar event Pasar Leuweung. Nantinya, petmil bisa men-display langsung produk olahannya.

"Event Pasar Leweung atau pasar hutan ini, kita jadikan sebagai atraksi wisata yang bisa menyedot pengunjung. Rencananya, kita gelar satu bulan sekali. Sehingga, orang dari luar daerah, seperti Jakarta dan kota besar lainnya, bisa membeli produk hasil hutan ini langsung dari petani milenial," beber Dodit.

Melalui event Pasar Leweung ini juga, pastinya dibutuhkan peningkatan kualitas produk, peningkatan SDM dan dukungan pembiayaan. "Tiga poin yang harus ditingkatkan, yakni petani milenial, penyuluh, dan peran offtaker," jelas Dodit.

Sehingga, kata Dodit, jika siklus produk hasil hutan petmil sudah semakin besar dengan bertambahnya omset, maka semangat generasi muda bergabung dengan petmil akan semakin tinggi.

Sumber: