Hampir Dua Pekan Harga Cabai di Petani Berangsur Turun

Hampir Dua Pekan Harga Cabai di Petani Berangsur Turun

MENGURUS: Seorang petani tengah mengurus kebun cabai miliknya di blok Ciguntur, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet. (Ayi Sopiandi/Cianjur Ekspres)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Hampir dua pekan harga cabai di Cianjur di tingkat petani saat ini mulai berangsur turun. Semula harga biasanya Rp35 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram, kini menjadi Rp25 ribu per kilogramnya. 

Salah satu petani cabai asal Kampung Gunungputri, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Pepen (52) mengatakan, harga cabai saat ini tengah turun yang sebelumnya sempat naik.

BACA JUGA:Dinkes Cianjur Sebut Paling Banyak Laporan Gizi Buruk di Cibeber

"Sekarang harga cabai berangsur turun, saya menjual untuk yang merah itu Rp25 ribu per kilogram," kata Pepen, Kamis  (20/10).

Pepen mengatakan, meski musim hujan melanda namun tidak begitu berpengaruh terhadap hasil panen jenis cabai. 

"Setahu saya, meski musim hujan tidak begitu pengaruh apa lagi membusuk," katanya. 

BACA JUGA:Viral! 4 Fakta Bocah SD Ditusuk di Cimahi, Ternyata Orang Cianjur

Dikatakan Pepen, penurunan harga cabai saat ini dipastikan dibeberapa daerah lain sudah mulai memanen sehingga berdampak pada harga jual. 

"Ya, biasanya kalau harga sudah mulai turun beberapa daerah lain sudah ada yang panen raya sehingga kebutuhan pasar mulai terpenuhi," jelasnya. 

Pepen berharap kedepan harga cabai mulai meningkat sehingga bisa sedikit menutupi kebutuhan operasional baik itu dari pembelian pupuk, pestisida, dan biaya perawatan.

Sumber: