Tips Hindari Lingkungan Toxic Ala Dokter Jiwa

Tips Hindari Lingkungan Toxic Ala Dokter Jiwa

--

JAKARTA, CIANJUREKSPRES- Salah satu upaya menjaga kesehatan mental ialah menghindari lingkungan toxic atau beracun.

Hal ini diungkapkan dokter spesialis kedokteran jiwa dr. Zulvia Oktanida Syarif, Sp.KJ dari Universitas Indonesia, menurutnya lingkungan toxic memberi dampak negatif pada diri seseorang.

BACA JUGA:Wabup Cianjur: HSN Lebarannya Para Santri

Disebutkan bukan hanya orang-orang toxic, lingkungan toxic pun bisa memberi dampak negatif yang dapat mengganggu kenyamanan hidup seseorang.

Dikutip dari Webmd, orang-orang toksik adalah orang yang kehadirannya menciptakan banyak masalah dalam hidup seseorang, begitu juga rasa tidak nyaman dan stres.

BACA JUGA:Pilu, Via Vallen Alami Keguguran Saat Usia Kandungan 8 Bulan: Hanya Ada Bentukmu Tanpa Suara

Oleh sebab itu, maka perlu mencari lingkungan dan orang yang bisa memberi dampak positif terhadap hidup. 

Kelola juga stres dan terapkan gaya hidup sehat.

Kesehatan mental erat kaitannya dengan kesehatan raga, oleh karena itu dia menyarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat dan olahraga secara teratur.

BACA JUGA:Keji! Guru PNS Cabuli Siswi Usai Lihat Tato Ditubuhnya

"Untuk menjaga kesehatan mental, penting untuk mengonsumsi makanan maupun minuman sehat yang mengandung protein dan omega-3 seperti kacang-kacangan, salmon, dan lain sebagainya," kata dia.

Zulvia pun menyarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kadar serotonin, yaitu neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk mengatasi kondisi depresi dan kecemasan.

BACA JUGA:Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Cianjur Hari Ini, Senin 24 Oktober 2022

Olahraga, selain dapat menyehatkan raga, juga menciptakan kebahagiaan karena bisa membantu meningkatkan hormon dopamin dan serotonin. Dia mengingatkan juga untuk beristirahat secara cukup dan kurangi begadang agar tidak rentan terhadap kesehatan mental.

Sumber: disway.id/antaranews.com