Tahukah Anda? Ternyata ini 6 Manfaat Berjalan Kaki Bagi tubuh Kita

Tahukah Anda? Ternyata ini 6 Manfaat Berjalan Kaki Bagi tubuh Kita

ilustrasi jalan kaki.(pixabay)--

CIANJUR, CIANJUREKSPRES, - Setiap hari manusia tak bisa terlepas dari jalan kaki untuk dapat menjalani aktifitas harian.

Jalan kaki juga ternyata memiliki pengaruhnya untuk kesehatan pada tubuh manusia.

Dilansir dari P2PTM Kemenkes RI, berikut ini merupakan manfaat berjalan kaki :

BACA JUGA:Nggak Rumit, Ternyata Ini 5 Kebiasaan Cegah Penyakit dan Jaga Kesehatan


1. Mencegah osteoporosis


Penyakit osteoporosis adalah kondisi dimana tulang mengalami keropos. Untuk dapat mencegahnyanya dapat dengan berjalan kaki dan di barengi dengan paparan sinar matahari langsung selama 15 menit.

Selain dengan berjalan kaki, asupan pada tulang juga diperlukan dengan mengkonsumsi susu dengan kandungan vitamin D dan olahraga yang cukup.

2. Menghilangkan sakit punggung


Berjalan kaki dapat bermanfaat untuk mengatasi sakit punggung. Hal ini dapat memperbaiki sirkulasi darah yang berada di struktur tulang belakang serta dapat memperbaiki postur tubuh.

BACA JUGA:Berdasarkan Studi, Penyebab Gangguan Kesehatan Serius Adalah Makan Terlalu Malam


3. Memperbaiki pencernaan


Saat berjalan kaki badan menjadi ikut bergerak, hal ini dapat berpengaruh pada kelancaran peristaltik pada susu, ,sehingga saat buang air besar menjadi lebih tertib.

4. Mengurangi resiko tekanan jantung

Berjalan kaki ternyata dapat mengurangi resiko tekanan jantung, hal ini dikarenakan pada saat berjalan aliran darah menjadi lebih derah kedalam koroner jantung.

5. Mencegah pikun

Sebuah studi mengungkap, berjalan kaki membantu mencegah pikun, mengurangi risiko Alzheimer dan memperbaiki kesehatan mental.

Penyakit pikun merupakan suatu kondisi dimana menurunnya daya ingat pada seseorang. Selain itu, untuk menangkap informasii juga mengalami kesulitan.

BACA JUGA:5 Jus yang Bisa Jaga Kesehatan Ginjal

6. Menurunkan berat badan
Kelebihan lemak pada bawah perut akan terbakar dengan berjalan kaki, untuk dapat hasil yang maksimal Anda perlu berjalan kurang lebih selama satu jam perhari secara rutin.

Demikian manfaat berjalan kaki bagi tubuh manusia. Semoga bermanfaat.

Sumber: berbagai sumber