Catat! Ini 4 Cara Untuk Menangani Gangguan Saat Tidur

Catat! Ini 4 Cara Untuk Menangani Gangguan Saat Tidur

ilustrasi tidur.(pixabay)--

CIANJUR, CIANJUREKSPRES- Setelah beraktifitas seharin yang sangat melelahkan, setiap orang pasti ingin beristirahat dengan cara tidur.

Akan tetapi, sebelum tidur biasanya mengalami stress atau cemas.
Tentunya hal ini akan mengganggu istirahat.

Untuk itu, diperlukan cara khusus untuk dapat menangani gangguan tidur ini.

Sebagiamana yang dilansir dari disway.id, berikut ini merupakan cara menangani stress sebelum tidur.

1. Berolahraga

Olahraga merupakan cara terbaik untuk mengilangkan stres. Selain itu, olahraga juga dapat membantu menghilangkan stress. Terdapat beberapa pendapat mengenai hal ini, olahraga berat yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu tidur, tetapi bagi orang lain mungkin tidak memengaruhi kemampuan mereka untuk tertidur.

2. Lakukan meditasi

Meditasi merupakan cara terbaik untuk otak agar bisa lebih rileks dan menghilangkan stres tekanan pada darah dan tingkat pernapasan.

Anda bisa melakukan meditasi dengan cara memposisikan tubuh dalam keadaan terbaring dan fokus terhadap setiap bagian tubuh Anda dari ujung hingga keatas.

Setelah keadaan rileks, Anda akan merasakan bagaimana setiap bagian tubuh menjadi lebih baik atau terasa sensali lain pada bagian tubuh.

Setelah Anda selesai, Anda mungkin akan terkejut betapa santainya perasaan Anda.

Jika Anda terbangun di malam hari dan berfokus pada pikiran yang membuat stres, pendekatan yang menggunakan perhatian dan meditasi dapat digunakan sebagai teknik pemblokiran pikiran untuk membantu Anda menenangkan pikiran di malam hari dan memungkinkan Anda kembali tidur.

3. Kurangi Kafein dan alkohol

Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa meminum alkohol dapat membuat tidur lebih cepat. Akan tetapi kenyatannya tidak seperti itu.
Ternyata mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan rasa kantuk di awal saja, tetapi pada pertengahan tidur akan terganggu dengan gejala gangguan pernapasan hingga sekalu terbangun setiap malam.
Kafein juga dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak. Sementara secangkir kopi dapat membuat Anda merasa lebih waspada dalam jangka pendek, itu dapat meningkatkan kadar kortisol dan adrenalin dalam tubuh yang kemudian dapat mengganggu tidur Anda.

4. Matikan lampu dan singkirkan HP

Cahaya bisa menjadi pengganggu besar saat tidur. Sinyal kunci yang memberi tahu tubuh untuk mulai bersiap tidur adalah hormon melatonin.

Hormon tersebut secara alami dilepaskan sebagai respons terhadap penurunan tingkat cahaya di malam hari.



Sumber: disway.id