Sering Merasa Insecure? Begini 6 Cara Mengatasinya!

Sering Merasa Insecure? Begini 6 Cara Mengatasinya!

ilustrasi insecure.(pixabay)--

CIANJUR, CIANJURESKPRES, - Merupakan suatu hal yang normal apabila kita merasakan insecure pada apapun karena pada dasarnya setiap orang memiliki kekurangan.

insecure sendiri merupakan suatu istilah yang sampai saat ini viral dan kerap menjadi topik pembahasan bagi para pengguna sosial media.

BACA JUGA:Catat! Ini 4 Cara Untuk Menangani Gangguan Saat Tidur

Kata insecure berasal dari Bahasa Inggris yang berarti tidak aman. Sedangkan menurut istilah adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa tidak percaya diri dengan kemampuan yang dia miliki.

Ketika perasaan insecure muncul, ini akan berbahaya bagi kesehatan mental. Untuk itu, perlu wawasan mengenai bagaimana caranya menghilangkan rasa insecure.

Dilansir dari healthline, berikut ini merupakan cara menangani rasa insecure :


1. Pertahankan nilai Anda

Yakinlah bahwa setiap orang memiliki suatu nilai yang positif pada dirinya. Nilai tersebut dijaga dan dirwat dengan baik lalu diamalkankepada orang lain.

Coba sebelum merasakan insecure, ingat sudah berap abanyak kebaikan yang Anda perbuat.

BACA JUGA:Catat! Ramalan Nasib Karir Berdasarkan Zodak Hari Ini


2. Priortiaskan diri sendiri terlebih dahulu

Untuk dapat memenuhi keinginan orang lain merupakan hal yang bagus. Akan tetapi hal yang lebih penting adalah mementingkan keperluan diri sendiri terlebih dahulu agar bisa lebih menghargai diri sendiri.

Cobalah untuk merawat diri sediri dengan melakukan hal yang baik seperti berolahraga, melakan perawatan di salon, bahkan bisa dengan menulis di buku diary untuk mencurahkan perasaan.

3. Habiskan waktu dengan orang yang mencintaimu

Tak ada hal yang lebih menyenangkan saat berkumpul dengan orang-orang yang mencintaimu seperti keluarga dan sahabat. Kehadiran mereka akan membuat Anda lebih baik.
Buatlah jadwal untuk dapat bertemu dengan mereka dan ceritakan apa yang kamu rasakan saat ini. Dengan begitu akan mengurangi rasa insecure.

BACA JUGA:Catat! Ramalan Nasib Karir Berdasarkan Zodak Hari Ini


4. Hindari konten negatif di media sosial

Percaya atau tidak bahwa konten yang bertema isecure, hal ini justru akan membuatmu merasa tidak baik dan itu juga bisa memberikan validasi pada diri sendiri untuk menjadi lebih buruk.

5. Hindari lingkungan toxic

Lingkungan toxic biasanya berisi orang-orang yang tidak sportif, sehingga dengan mudah mereka melontarkan komentar yang negatif.

Solusi terbaiknya, Anda harus mencari lingkungan yang lebih baik untuk diri sendiri dan bisa membuat lebih berkembang.

6. Puasa Media Sosial

Saat membuka media sosial, setiap orang seringkali membagikan momen terbaik mereka. Entah itu sisi kecantikan maupun kekayaan.
Biasanya hal tersebut yang malah justru membuat diri sendiri merasa insecure dan inferior.

Untuk itu, keluar dari media sosial selama beberapa hari merupakan cara terbaik untuk menghindari rasa insecure. Nimatilah hari-harimu di dunia nyata dengan penuh kebahagiaan.

Demikain merupakan langkah mengatasi insecure. Semoga bermanfaat.


Sumber: berbagai sumber