Viral Jembatan Besi di Tanggeung Cianjur Hampir Putus di Media Sosial, Begini Kondisinya

Viral Jembatan Besi di Tanggeung Cianjur Hampir Putus di Media Sosial, Begini Kondisinya

Jembatan besi penghubung Desa Pagarmaneuh ke Desa Karangtengah, Kecamatan Tanggeung, Kabupaten Cianjur yang hampir putus terseret arus Sungai Cibuni yang meluap.(istimewa)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Video jembatan besi penghubung Desa Pagarmaneuh ke Desa Karangtengah, Kecamatan Tanggeung, Kabupaten Cianjur yang hampir putus terseret arus sungai, viral di media sosial. 

Beruntung, material besi jembatan masih bisa bertahan, namun kondisinya kini rusak parah.

BACA JUGA:Sungai Cibuni Meluap, Banjir Terjang Empat Desa di Kadupandak Cianjur

Kejadian tersebut terjadi karena hujan deras yang merata, menyebabkan air Sungai Cibuni meluap dan hampir menghanyutkan jembatan gantung sepanjang kurang lebih 150 meter tersebut. Hal itu terjadi pada Selasa (08/11) sore kamarin.

Terkait hal itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur M Fatah Rizal mengungkapkan, pihaknya masih menunggu air Sungai Cibuni surut untuk mengevakuasi material besi jembatan gantung tersebut.

BACA JUGA:Kantor Pelayanan Rusak Parah Terkena Banjir, Perumdam Tirta Mukti Cianjur Bantu Korban Bencana di Cidaun

"Sampai hari ini, jembatannya masih utuh namun rusak parah. Kita masih menunggu air surut agar bisa mengevakuasi bangkai jembatan. Karena kita khawatirkan akan hanyut jika debit air besar lagi," kata dia via sambungan telepon pada Cianjur Ekspres, Rabu (09/11/2022).

Pihaknya masih menunggu hasil kajian perbaikan jembatan gantung tersebut. "Mudah-mudahan bisa cepat terealisasi (perbaikan jembatan)," ujarnya.

BACA JUGA:Kebakaran Rumah di Cianjur, Dua Orang Luka-luka, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta Rupiah

Sementara untuk akses warga kedua desa, kini beralih menggunakan jalur alternatif, meskipun warga diharuskan menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan melewati jembatan.

"Ada akses jalan, tapi agak jauh, jadi warga diharap bersabar dulu sampai ada perbaikan jembatan," kata Rizal.

Diketahui, pada Selasa (08/11) beberapa kecamatan di selatan Cianjur diguyur hujan deras hingga menyebabkan banjir bandang.

Sumber: